Home / Bisnis / Harga BBM Turun Mulai 5 Januari 2016

Harga BBM Turun Mulai 5 Januari 2016

image_pdfimage_print
Ilustrasi - Pengisian BBM di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). (Foto: LintasMedan/ist)

Ilustrasi – Pengisian BBM di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). (Foto: LintasMedan/ist)

Jakarta, 23/12 (LintasMedan) – Harga bahan bakar minyak jenis premium dan solar diturunkan secara signifikan mulai 5 Januari 2016 yakni masing-masing turun delapan persen menjadi Rp7.150 per liter dan turun 18 persen menjadi Rp5.950 per liter.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said di Jakarta, Rabu, mengatakan penurunan harga BBM tersebut sejalan dengan penurunan harga minyak bumi di pasar dunia.

“Pertimbangan lain juga karena solar dikonsumsi industri dan angkutan umum dengan begitu dua-dua (program)-nya kita capai baik turun harga maupun pemupukan dana ketahanan energi,” katanya.

Sudirman mengatakan penurunan harga BBM itu karena tiga pembentuk harga bahan bakar minyak dalam tiga bulan terakhir berhasil diefisienkan.

“Tiga komponen pembentuk harga BBM yakni harga minyak dunia kemudian kurs kita, dan ketiga efisiensi mata rantai pasokan yang dikelola Pertamina sebagai penanggung jawab terbesar pasokan mencapai 97 persen, semakin efisien,” paparnya.

Kebijakan Pemerintah menurunkan harga BBM diapresiasi dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Penurunan harga BBM ini adalah kado tahun baru 2016 yang indah untuk seluruh Rakyat Indonesia dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ini adalah bentuk kepedulian pemerintah yang peka terhadap keinginan rakyat,” ujar anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun.

Dia juga berharap penurunan harga BBM bisa mendorong daya beli masyarakat sehingga meningkatkan output sektor produksi.(LMC-01/KO)

About Lintas Medan