Home / Headline / Belasan Ribu Warga Ramaikan Gerak Jalan HUT Sumut

Belasan Ribu Warga Ramaikan Gerak Jalan HUT Sumut

image_pdfimage_print

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melepas sejumlah balon ke udara seusai mengikuti gerak jalan massal bersama belasan ribu warga dalam rangka memeriahkan HUT ke 71 Pemeritah Provinsi Sumut di Medan, Sabtu (27/4). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 27/4 (LintasMedan) – Sekitar 12 ribu masyarakat turut meramaikan gerak jalan beregu dan massal HUT ke-71 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) di Medan, Sabtu (27/4) pagi.

“Pada pagi ini, kita bersama-sama silaturahmi dan berolahraga. Saya ucapkan terima kasih, kalian sangat antusias. Berarti menyanyangi, mencintai Sumatera Utara kita ini,” kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi usai melepas peserta gerak jalan tersebut dari depan gedung kantor gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Medan.

Acara gerak jalan, menurut dia, merupakan salah satu momentum rangkaian peringatan HUT Sumut tahun 2019 sekaligus kesempatan bagi masyarakat untuk turut bersama-sama memeriahkan kegiatan tersebut.

“Seluruh rangkaian HUT Sumut adalah milik kalian, rakyat Sumut. Mari kita nikmati bersama, bersyukur provinsi kita telah mencapai usia ke 71. Selanjutnya, kita evaluasi agar pada HUT berikutnya, Sumut sudah lebih baik dari tahun ini,” ujarnya.

Langkah mewujudkan Sumut yang lebih baik ini, lanjut Edy, akan dimulai dengan program prioritas yang tertuang dalam visi misi Sumut Bermartabat, diantaranya program peningkatan kualitas SDM serta meningkatkan kesempatan kerja di sejumlah sektor seperti infrastruktur dan pertanian.

Pada kesempatan itu, Gubernur mengingatkan agar masyarakat yang ikut dan meramaikan gerak jalan tertib dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan merupakan salah satu bukti rasa cinta kepada Sumut. Harus sama-sama kita jaga Sumut ini,” ucap dia.

Edy juga mengajak segenap elemen masyarakat di Sumut agar senantiasa meningkatkan silaturahmi dan memupuk rasa kebersamaan.

Gerak jalan tersebut turut diikuti Gubernur bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut Sabrina, serta beberapa unsur Forkopimda Sumut.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut Baharuddin Siagian menjelaskann bahwa jarak rute yang ditempuh pada lomba gerak jalan sekitar 4,5 kilometer.

Rute yang dilalui peserta, yakni Jalan Diponegoro, Jalan KH Zainul Arifin, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sudirman dan kembali ke Jalan Diponegoro Medan.

“Peserta beregu terdiri dari 285 kelompok yang berasal dari kalangan ASN, umum, pelajar dan mahasiswa. Total peserta diperkirakan sekitar 12.000 orang,” paparnya.

Selain lomba gerak jalan, pihaknya juga melakukan pembagian lucky draw dengan sejumlah hadiah, antara lain dua uni sepeda motor, televisi, sepeda, kulkas, dan beragam perangkat elektronik lainnya.

Acara berlangsung meriah hingga akhir. Masyarakat dari berbagai kalangan berbaur menjadi satu. Bahkan, Gubernur Edy didampingi istrinya tampak akrab dengan masyarakat serta melayani permintaan untuk berjabat tangan dan swafoto dari masyarakat.

Para pedagang kaki lima pun turut merasakan kebahagiaan, dagangan yang mereka bawa diborong oleh Gubernur untuk dibagi-bagikan pada masyarakat.

Sebelumnya, dirinya juga tampak ikut bergabung dengan kelompok marching band seraya menguji kembali “skill”nya bermain drumband. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey