Home / Medan / Dewan Pengawas Dorong PDAM Tirtanadi Tingkatkan Layanan

Dewan Pengawas Dorong PDAM Tirtanadi Tingkatkan Layanan

image_pdfimage_print

Dewan pengawas dan jajaran manajemen PDAM Tirtanadi saat melakukan silaturrahmi dengan wartawan yang tergabung dalam Pokja PDAM Tirtanadi, Senin (17/9). (Foto:LintasMedan/irma)

Medan, 17/9 (LintasMedan) – Dewan Pengawas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Sumatera Utara berkomitmen untuk terus mendorong badan usaha milik daerah tersebut meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat.

Sekretaris Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi, Hasban Ritonga dalam pertemuan silaturrahmi dengan Pokja wartawan PDAM Tirtanadi di Medan, Senin, menjelaskan, komitmen terus diwujudkan jajaran Dewan Pengawas dengan membangun sinergitas dengan direksi PDAM Tirtanadi, sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing

“Kami selalu menyampaikan masukan kepada direksi bila terjadi persoalan dalam pelayanan kepada pelanggan,” ujar mantan Sekdaprov Sumut itu didampingi anggota Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi lain, Tengku Fahmi Johan dan Farianda Sinik.

Tugas dan kewenangan Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi tersebut, lanjutnya, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 Tahun 2017 dan Permendagri Nomor 3 Tahun 1998 tentang Badan Hukum BUMD.

Hasban menambahkan, sinergitas antara Dewan Pengawas dengan direksi sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kinerja PDAM Tirtanadi, sesuai dengan visinya yakni menjadi perusahaan pengelola air minum dan air limbah yang terdepan di Indonesia, sehat dan memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

Selain itu, pihaknya juga akan terus mendorong BUMD itu mewujudkan misinya untuk mengembangkan perekonomian daerah, meningkatkan pendapatan daerah, serta meningkatkan kualitas lingkungan dengan memberikan pelayanan pengumpulan dan pengelolaan air limbah.

Dalam pertemuan yang dilanjutkan dengan dialog tersebut, Hasban menambahkan bahwa tugas dan kewenangan lain dari Dewan Pengawas yaitu melakukan pengawasan terhadap kebijakan internal dan memberikan laporan kepada Gubernur Sumut.

“Kami juga telah melakukan pengawasan ke sejumlah cabang PDAM Tirtanadi di Sumatera Utara. Saat ini, masih ada tiga cabang lagi yang belum dikunjungi,” ujarnya.

Sementara, Kepala Sekretaris PDAM Tirtanadi Jumirin, menuturkan
kapasitas produksi air bersih yang didistribusikan PDAM Tirtanadi saat ini mencapai 6.600 liter/detik.

Air bersih yang dikelola PDAM tersebut mampu melayani kebutuhan sekitar 80 persen dari 460.000 pelanggan.

Disebutkan, air bersih yang dihasilkan PDAM Titanadi itu diperoleh dari instalasi pengolahan air (IPA) di Sunggal, Delitua, Limau Manis, Blumei, Martubung, Sibolangit, Hamparan Perak dan Tirta Lyonais Medan.

Ketika ditanya soal realisasi penyertaan modal Pemprov Sumut sebesar Rp200 miliar, Jumirin mengatakan bahwa seluruh dana tersebut sudah dialokasikan untuk menopang pembangunan proyek PDAM Tirtanadi di IPA Sunggal sekitar Rp170 miliar dan IPA Martubung Rp58 miliar lebih. (LMC-02)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey