Home / Headline / DHD 45 Sumut Gelar Pameran Pers Perjuangan Kemerdekaan

DHD 45 Sumut Gelar Pameran Pers Perjuangan Kemerdekaan

image_pdfimage_print

Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Hasban Ritonga (kanan) mengamati beragam dokumen dan benda koleksi pers yang sudah berusia lebih setengah abad yang ditampilkan pada pameran Perjuangan Pers Kemerdekaan, di Gedung Juang Jalan Pemuda Medan, Kamis (9/2). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 9/2 (LintasMedan) – Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Sumatera Utara (Sumut) dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) menggelar pameran Perjuangan Pers Kemerdekaan RI di Gedung Juang Jalan Pemuda Medan, mulai 9 Februari hingga 16 Februari 2017.

Pameran tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut Hasban Ritonga ditandai dengan ketukan mesin ketik kuno.

“Diharapkan lewat pameran ini bisa membuka wawasan sekaligus menjadi sumber inspirasi bagi setiap pengunjung termasuk kalangan generasi muda, agar nilai-nilai kejuangan dan cinta Tanah Air bisa tetap terpelihara di dalam diri kita masing-masing,” kata Hasban.

Pemerintah Provinsi Sumut, kata Sekda, menyambut hangat dan mengapresiasi gagasan dan inovasi yang dilakukan para pengurus dan keluarga besar DHD 45 setempat menggelar Pameran Pers Perjuangan Kemerdekaan RI di Sumut Tahun 2017.

Dikatakannya, secara konstitusional, historis, dan substansi profesi, pers tidak terpisahkan dari perjuangan. Bahkan, dalam undang-undang disebutkan pers sebagai alat perjuangan untuk mencapai cita-cita nasional.

Ia menyatakan bahwa pers memiliki peran yang strategis untuk memberitakan kejadian dan informasi secara positif kepada masyarakat sehingga mampu mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Ide-ide kemerdekaan, kebangsaan itu lahir dari media. Oleh karenanya perlu penghargaan kepada insan pers sebagai pejuang,” ujarnya.

Pada kegiatan ini ditampilkan hasil karya para jurnalis di masa perjuangan Kemerdekaan RI khususnya di Sumut dalam bentuk tulisan yang diterbitkan di media massa, khususnya para jurnalis yang berasal dari provinsi tersebut.

Sebelumnya Ketua DHD 45 Nurdin Lubis, menjelaskan bahwa kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati HPN Tahun 2017.

“Kegiatan ini juga dalam rangka untuk mendukung keinginan dari Pemprov Sumatera Utara agar Hari Pers Nasional tahun 2018 dipusatkan di Medan,” ucap dia seraya menambahkan Sumut jadi tuan rumah HPN terakhir tahun 1994.

Acara pembukaan pameran itu turut dihadiri, antara lain Ketua Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial (PUSSIS) Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr. Phil. Ichwan Azhari, MS, Kepala Badan Pengembangan SDM Provinsi Sumut Bonar Sirait serta para pimpinan dan pengurus Dewan Harian Cabang 45 kabupaten/kota se Sumut. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey