Home / Medan / DPRD Medan Minta DKP Serius Menata TPU

DPRD Medan Minta DKP Serius Menata TPU

image_pdfimage_print

Landen Marbun

Medan, 23/4 (LintasMedan) – DPRD Kota Medan meminta agar Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) setempat lebih serius dalam menata keberadaan Taman Pemakaman Umum (TPU) di Medan. Khususnya di kawasan Medan Utara, sejumlah warga kerap mengeluhkan sulitnya memakamkan jenazah saat air pasang .

“Warga di Medan Utara butuh tanah timbun untuk TPU, karena saat air pasang, kondisi tanah berair sulit memakamkan jenazah,” kata anggota Komisi D DPRD Medan Landen Marbun saat melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kebersihan dan Pertamanan , Senin (23/4/2018) sore dipimpin Ketua Komisi, Parlaungan Simangunsong.

Kepala DKP Medan M Husni yang menerima kedatangan rombongan dewan menyampaikan pihaknya akan membuat TPU seperti di Tanah Kusir Jakarta, dimana TPU nantinya tidak memakai nisan.

TPU tersebut rencananya akan dikembangkan di Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan.

“TPU seluas 4 hektar itu nantinya akan dikembangkan dengan dengan konsep Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan makam,” katanya

Dia menambahkan, pihaknya sudah menerima pembebasan 4 hektar lahan untuk TPU tersebut. Selain itu, sebut Husni, untuk tahun 2018 juga akan dilakukan perbaikan TPU, salah satunya dengan memaksimalkan fasilitas penerangan. “Penerangan di TPU menjadi perhatian kita,” katanya.

Sedangkan lahan 18 hektar TPU di Simalingkar B, kata Husni, pihaknya akan melakukan sejumlah terobosan, sehingga masyarakat memiliki kemudahan. “Untuk TPU di Simalingkar B, kita merencanakan membuka akses jalan dari Eka Surya ke arah dekat Perguruan Al Azhar, agar warga menuju TPU bisa lebih mudah,” paparnya.(LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey