Home / Medan / DPRD Sumut Lantik Tiga Anggota Fraksi Demokrat PAW

DPRD Sumut Lantik Tiga Anggota Fraksi Demokrat PAW

image_pdfimage_print

Proses pelantikan tiga anggota Fraksi Partai Demokrat Pengganti Antar Waktu (PAW) di ruang paripurna DPRD Sumut, Senin (15/10). (Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 15/10 (LintasMedan) – DPRD Sumatera Utara menggelar paripurna istimewa Peresmian dan Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Sumatera Utara pengganti antar waktu (PAW) sisa masa jabatan 2014-2019, terhadap tiga anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Demokrat.

Tiga orang yang diganti karena tersandung kasus suap mantan Gubsu Gatot PujoNugroho yakni Arifin Nainggolan, Mustofawiyah dan Tiaisah Ritonga. Ketiganya digantikan oleh Arfan Maksum Nasution, Zulkifli dan Safaruddin Siregar.

“Pengangkatan ini untuk menggantikan saudara Arifin Nainggolan, Mustofawiyah Sitompul dan Tiaisah Ritonga karena yang bersangkutan diberhentikan dari keanggotaan Partai Demokrat sesuai dengan keputusan DPP Partai Demokrat Nomor 355/SA/DPP-PD/VII/2018 tanggal 14 Juli 2018,” kata Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman saat memimpin rapat paripurna, di gedung dewan, Senin (15/10).

Selain karena diberhentikan partai, PAW tiga anggota DPRD Sumut tersebut juga berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 161.12-6174 tahun 2018 dan Nomor 161.12-6176 tahun 2018 serta Nomor 161.12-6178 tahun 2018 tanggal 20 September 2018 tentang pengangkatan pengganti antar waktu anggota DPRD Sumut.

Setelah diambil sumpah/janji yang dipandu Wagirin Arman, tiga anggota DPRD Sumut tersebut selanjutnya duduk di kursi anggota dewan. Ketiganya juga ditempatkan di komisi sesuai anggota dewan yang mereka gantikan.

Sementara Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam pidatonya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Pemprov Sumut Zonny Waldi mengatakan, PAW bagi anggota dewan merupakan keadaan yang telah diatur dalam hukum dan perundang-undangan.

Pemrov Sumut memaknai PAW tersebut sebagai upaya meningkatkan kinerja DPRD yang menjadi partner Pemprov Sumut dalam pembangunan Sumut. “Saya yakin dan percaya PAW ini menambah potensi khasanah pemikiran kita dalam setiap pembangunan Sumut ke depan,” ujar gubernur.

Diketahui, tiga anggota DPRD Sumut yang diganti yani Mustopawiyah Sitompul, Tiaisah Ritonga dan Arifin Nainggolan menjadi tahanan KPK karena terlibat dalam kasus suap APBD dan interpelasi dari mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho.

Baskami Ketua Fraksi PDIP

Dalam paripurna itu juga, dibacakan
Alat kelengkapan dewan (AKD) dan Pimpinan Fraksi PDIP DPRD Sumut. Dalam paripurna tersebut, Sekretaris Dewan Erwin Lubis mengatakan, sesuai dengan surat Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut Nomor 17/F.PDI-P/DPRD-SU/10/2018 tanggal 10 Oktober 2018 perihal penyampaian susunan anggota Fraksi PDI Perjuangan sesuai Pasal 128 Ayat 10, Peraturan DPRD Sumut Nomor 1 tahun 2018 tentang Tatib DPRD Sumut yang menyebutkan pembentukan fraksi dilaporkan pada pimpinan DPRD.

Maka diumumkan penyempurnaan dan komposisi pimpinan dan angota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut sisa masa jabatan 2014-2019, Ruben Tarigan dan Siti Aminah Perangin-angin menjadi penasehat Fraksi, Ketua Fraksi dipimpin Baskami Ginting, Wakil Ketua Sutrisno Pangaribuan, Sekretaris Sarma Hutajulu dan Bendahara Brillian Moktar. (LMC-02)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey