Home / Nasional / Gaji ASN Tahun 2019 Naik Lima Persen

Gaji ASN Tahun 2019 Naik Lima Persen

image_pdfimage_print

Ilustrasi – Aparatur sipil negara (ASN). (Foto: LintasMedan/dok)

Jakarta, 16/8 (LintasMedan) – Pemerintah tahun 2019 akan menaikkan gaji pokok aparatur sipil negara (ASN) dan pensiunan ASN sebesar lima persen dari gaji pokok.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Kamis, mengatakan, gaji pokok ini naik karena selama beberapa tahun terakhir gaji ASN dan pensiunan tidak mengalami kenaikan.

“Karena (tahun) kemarin tidak naik, makanya besok naik,” ujarnya. Sementara,inflasi naik sudah tiga persen.

Sementara itu, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani mengatakan, ada tambahan anggaran Rp5 triliun-Rp 6 triliun di Pemerintah pusat untuk kenaikan gaji pokok ASN dan pensiunan di tahun 2019.

“Ada tambahan anggaran Rp5 triliun-Rp6 triliun di Pemerintah pusat. Kalau daerah sesuai dana alokasi umum atau DAU,” paparnya.

Pemerintah, lanjut Askolani, memastikan pada tahun 2019 para ASN dan pensiunan, termasuk di daerah, akan tetap mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) plus tunjangan kinerja (tukin) dan gaji ke-13.

Bagi ASN dan pensiunan daerah, besaran tunjangan kinerja itu akan disesuaikan dengan kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Daerah termasuk tukin, tapi sesuai dengan kemampuan daerah, artinya tidak sama persis dengan daerahnya. Tapi untuk sudah sudah mempertimbangkan THR dan gaji ke-13,” ujarnya. (LMC-03/KC)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey