Home / Medan / Generasi Milenial Kota Medan Diajak Kembangkan Bisnis Startup

Generasi Milenial Kota Medan Diajak Kembangkan Bisnis Startup

image_pdfimage_print

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin. (Foto: LintasMedn/dok)

Medan, 31/8 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengajak generasi milenial di kota itu untuk mengembangkan bisnis startup karena usaha rintisan tersebut memiliki potensi besar meningkatkan percepatan ekonomi melalui perkembangan industri kreatif berbasis teknologi digital.

“Industri ekonomi kreatif digital kini menjadi salah satu penunjang dalam keberhasilan program pembangunan pemerintah dan membawa Indonesia dikenal dan mampu bersaing di kancah persaingan global,” kata Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin, di Medan, Sabtu (31/8).

Walikota mengemukakan hal itu dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman dalam kegiataan Gerakan Nasional 1000 Startup di kampus Politeknik Wilmar Jalan Batu Sihombing, Medan Estate.

Menurut dia, keberadaan generasi muda yang handal dalam bidang digital tentu akan menjadi stimulus, termasuk dalam upaya meningkatkan skala indeks pembangunan manusia.

Oleh karena itu, lanjutnya, minat dan potensi generasi muda untuk menekuni wirausaha di bidang startup digital harus senantiasa didukung secara terarah dan maksimal agar memberi manfaat yang luar biasa di masa mendatang.

Langkah ini sejalan dengan program pemerintah menumbuhkan industri kreatif dan mendukung gerakan nasional dalam menciptakan 1.000 startup digital.

Kemampuan para startup dapat lebih dioptimalkan dengan dukungan pemerintah yang ikut terlibat dalam pengembangan bisnis tersebut.

Melalui dukungan yang optimal, pihaknya menyatakan optimistis Indonesia termasuk Kota Medan akan menjadi produsen bidang digital yang unggul dan mumpuni.

Dalam membangun perusahaan rintisan atau startup, Eldin berpesan kepada generasi muda di ibu kota Provinsi Sumut itu untuk selalu mengikuti perubahan dan perkembangan inovasi.

Namun, ia mengingatkan perkembangan teknologi digital yang begitu pesat dewasa ini harus tetap sejalan dengan pembinaan sumber daya manusia yang berkarakter agar inovasi yang dihasilkan senantiasa membawa dan membawa manfaat bagi banyak orang.

“Semoga gerakan nasional 1000 startup digital ini mampu membawa perubahan besar dalam dunia industri khususnya bagi Kota Medan. Negara akan maju dengan peran generasi muda lewat startup,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Gerakan Nasional 1000 Startup yang diprakarsai Kementerian Komunikasi dan Informatika merupakan bagian upaya Pemerintah mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan di Indonesia.

Gerakan masif itu juga berusaha memantik rasa patriotisme generasi milenil yang telah akrab dengan dunia digital agar membangkitkan mimpi besar yang dapat memberikan solusi dan inovasi bagi bangsa.

Selain Medan, Gerakan Nasional 1000 Startup digital ini juga dilaksanakan di kota lain, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Bali, Makassar dan Pontianak.

Para peserta akan mengikuti serangkaian kegiatan dalam pematangan konsep yang berfokus pada bidang agrikultur, pendidikan, kesehatan, pariwisata, logistik, fintech dan entertainment.  (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey