Home / Medan / Gubernur Sumut Ajak Masyarakat Implementasikan Semangat Perjuangan

Gubernur Sumut Ajak Masyarakat Implementasikan Semangat Perjuangan

image_pdfimage_print

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (kanan) dan Wagub Sumut Musa Rajekshah (kiri) mengikuti rapat paripurna dengan agenda utama mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI melalui layar televisi, di gedung DPRD Provinsi Sumut, Medan, Jumat (16/8). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 16/8 (LintasMedan) – Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi mengajak segenap elemen masyarakat di daerahnya untuk mengimplementasikan kembali di dalam diri masing-masing semangat perjuangan dan kebersamaan dalam mewujudkan percepatan pembangunan.

“Seperti yang disebutkan Presiden dalam pidatonya, sudah saatnya kita hidupkan kembali semangat perjuangan,” kata Edy usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumut dengan agenda utama mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI, di Medan, Jumat.

Menurut Edy, pernyataan Kepala Negara itu menjadi momentum yang sangat tepat bahwa keberanian, semangat pantang menyerah, serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

Saat ini, lanjutnya, begitu banyak ragam tantangan dan perubahan yang harus dihadapi negara dan bangsa Indonesia.

“Tanpa adanya semangat dan mental juang ini, bisa tertinggal kita nanti dari negara-negara lain,” ujar Gubernur.

Selain mengajak masyarakat menggelorakan terus dan mengimplentasikan semangat para pejuang, Edy juga mengajak segenap komponen masyarakat di Sumut untuk mengimplementasikan pesan lain dari pidato presiden.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah mengemukakan bahwa HUT ke-74 Kemerdekaan RI bisa menjadi motivasi untuk memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa, sebagaimana disampaikan Presiden dalam pidato kenegaraan.

“Kemerdekaan yang telah kita nikmati saat ini harus kita pertahankan. Salah satu caranya, memperkuat fondasi nagara kita yakni Pancasila. Mari kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari ajakan yang disampaikan Presiden Joko Widodo tersebut,” ujar dia.

Presiden Joko Widodo saat Pidato Kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR di gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, menyatakan ingin menghadirkan kembali semangat yang menyala dari para pejuang.

“Semangat itu adalah bersatu untuk bergerak berjalan dalam perubahan yang penuh optimisme menatap masa depan,” katanya.

Semangat inilah, lanjut Jokowi, yang menghantarkan Indonesia menuju kemerdekaan, berdaulat, dan berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Presiden mengatakan, meski sekarang bangsa ini menghadapi tantangan yang berbeda, namun semangat persatuan dari para pejuang itu harus tetap menyala di hati segenap Bangsa Indonesia.

Jokowi menegaskan Bangsa Indonesia pun tidak boleh menghindar menghadapi era keterbukaan, tetapi harus berani menerimanya dengan tetap menjaga persatuan dan persaudaraan.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan Bangsa Indonesia harus terus berkreasi dan berinovasi agar bisa berkompetisi dan bersaing dengan negara-negara lain di dunia. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey