Home / Medan / Gubernur Sumut Gelar Ramah Tamah Bersama Perintis Kemerdekaan

Gubernur Sumut Gelar Ramah Tamah Bersama Perintis Kemerdekaan

image_pdfimage_print

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyerahkan bingkisan kepada perintis kemerdekaan pada acara ramah tamah menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Medan, Sabtu (10/8). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 10/8 (LintasMedan) РGubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi beramah tamah dengan para perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan, wredhatama, wara kawuri dan angkatan 45, di rumah dinas gubernur  Jalan Sudirman Medan, Sabtu.

Acara ramah tamah dalam rangka menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI tersebut turut dihadiri, antara lain unsur Forkopimda Sumut, para pmpinan organisasi perangkat daerah (OPD), tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh pemuda.

Gubernur dalam kata sambutannya, mengatakan bahwa acara tersebut sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan kepada pejuang kemerdekaan bangsa, karena berkat perjuangan dan pergerakan para pendiri bangsa dalam melawan penjajahan dan kolonialisme.

Pada kesempatan itu, Edy Rahmayadi menyampaikan terimakasih kepada keluarga pahlawan, para perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan, wredhatama, wara kawuri dan angkatan 45.

“Saya minta maaf, atas nama Gubernur Sumut. Saya belum bisa membahagiakan ayahanda dan bunda saya. Berikan kami masukan yang benar dan teruslah doakan kami dalam membenahi Sumut yang kita cintai ini,” katanya.

Sebagai generasi penerus bangsa, lanjutnya, semangat perjuangan pendahulu akan terus digelorakan, begitu juga terhadap pembangunan Sumut kedepannya akan lebih baik lagi.

Sebagai bentuk penghargaan, Gubernur menyerahkan tali asih berupa uang, paket dan bingkisan kepada keluarga dan pejuang. Secara pribadi, Gubernur juga menyerahkan tiga sapi untuk kurban pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah.

Pemprov Sumut melalui Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara (BPPRDSU) juga akan memberikan pembebasan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor.

Paket bebas pajak kendaraan bermotor diberikan kepada veteran, yakni sampai pada generasi pertama, diberikan kepada pahlawan nasional sampai pada generasi pertama, dan penerima tanda kehormatan dari Presiden RI yang berdomisili di Sumut.

Edy Rahmayadi juga mengatakan akan membuat film tentang perjuangan kemerdekaan para pejuang dari Sumut.

Ide ini muncul setelah dirinya bersama Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah menonton film pendek yang diproduksi Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sumut.

“Saya dan Pangdam terpikir bikin film-film baru tentang pejuang Sumut,” kata Edy.

Dia lalu meminta LVRI Sumut menyiapkan skenario yang bagus dan menarik. Pemerintah Provinsi Sumut, kata dia, akan membantu anggaran produksinya.

“Supaya anak-cucu kita tidak buta sejarah,” ucapnya.

Ketua LVRI Sumut, Alauddin mengucapkan terima kasih atas penyelenggaraan acara silaturahmi yang dibalut dalam suasana kekeluargaan dan penuh khidmat tersebut.

“Acara ini merupakan anugerah terindah. Apalagi, juga dirangkai dengan peringatan Hari Veteran Nasional di hari yang sama,” ujarnya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey