Gubernur Sumut Ingatkan Para Kades Soal Dana Desa

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat memberikan pengarahan kepada ratusan kepala desa dari Kabupaten Dairi, Karo dan Pakpak Bharat soal pengelolaan dana desa, Jumat (25/1) di Dairi. (Foto:LintasMedan/ist)

Dairi, 25/1 (LintasMedan) – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengingatkan kepada para kepala desa di provinsi ini terkait pengelolaan dana desa yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Dana desa harus benar-benar digunakan untuk program yang bermanfaat. Tak perlu terlalu banyak untuk kegiatan seremonial seperti bimtek yang justru akan menghabiskan anggaran,” ujarnya di hadapan pada kepala desa saat berkunjung ke Kabupaten Dairi, Jumat.

Edy mengaku kedatangannya ke wilayah itu memang ingin bertemu para kepala desa.

“Dana desa menjadi prioritas negara saat ini. Jadi harus dikelola dengan baik,” katanya.

Dana senilai Rp1 miliar perdesa disebutkannya hingga saat ini terkesan belum maksimal dalam pengelolaannya.

Untuk itu Edy mengingatkan agar kedepan benar-benar dikelola dengan baik dan jangan malah disalahgunakan jika tidak ingin berhadapan dengan hukum.

Dia juga menegaskan akan terus melakukan pengawasan ke berbagai desa di Sumut. Tujuannya untuk memastikan apakah desa yang mendapat kucuran dana APBN, menjadi lebih baik dari ketika belum mendapatkan dana.

“Nanti saya akan lihat lagi, saya akan panggil para kepada desa melalui sistem acak. Supaya kita tahu, apakah ada perubahan dalam beberapa tahun ini,” tuturnya.(LMC-02)