Home / Headline / Gubernur Sumut Prioritaskan Lima Program Andalan

Gubernur Sumut Prioritaskan Lima Program Andalan

image_pdfimage_print

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 10/9 (LintasMedan) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara di bawah kepemimpinan Gubernur/Wagub periode 2018-2023 Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah segera melaksanakan lima program prioritas, di antaranya mengurangi angka pengangguran.

Edy Rahmayadi dalam sidang paripurna DPRD Sumut di Medan, Senin, mengatakan bahwa Pemprov Sumut melalui instansi terkait akan menyiapkan sejumlah program terobosan untuk membuka peluang kerja dan mengurangi angka pengangguran di provinsi berpenduduk sekitar 16 juta jiwa tersebut.

“Program prioritas lainnya, yakni pendidikan, pembangunan infrastruktur, penyediaan layanan kesehatan yang mutakhir dan program peningkatan daya saing masyarakat dengan memprioritaskan Sumut kembali pada sektor agraris,” paparnya.

Khusus mengenai peningkatan daya saing di sektor agraris, ia meyakini program tersebut efektif meningkatkan pendapatan, ketersediaan bahan pangan, dan harga barang yang relatif terjangkau bagi masyarakat.

Untuk mewujudkan lima program prioritas Sumut Bermartabat itu, menurut Edy, mutlak diperlukan kemitraan bersama antara tiga pilar yang terdiri dari pemerintah, swasta dan masyarakat.

“Kemitraan strategis inilah yang akan kita jalankan kedepan untuk melaksanakan amanat Presiden pada kami saat pelantikan, yaitu mengejar ketertinggalan pembangunan di Sumut,” katanya.

Pada kesempatan itu, Edy mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sumut yang telah memberikan amanah kepada dirinya dan Wakil Gubernur untuk memimpin Sumut selama lima tahun ke depan.

Dia juga berharap pihak DPRD Sumut, unsur Forkopimda, para teknokrat, akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, budayawan, LSM, lembaga kepemudaan, dan seluruh masyarakat Sumut, turut memberikan dukungan dan kerja sama.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman mengucapkan selamat bertugas kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut masa jabatan 2018-2023.

“Kami mengharapkan, Saudara dapat bekerja dengan amanah dan dapat meningkatkan kerja sama yang baik dengan DPRD Sumut dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menuju Sumut yang bermartabat,” ujarnya.

Wagirin menegaskan DPRD Sumut sesuai dengan fungsi dan tanggung jawabanya siap bekerja sama dengan Gubernur-Wagub Sumut untuk mewujudkan visi, misi dan program Sumut Bermatabat.

Terkait hal itu, ia menyarankan agar Gubernur mulai mengevaluasi tenaga-tenaga inti di jajaran Pemprov Sumut. (LMC-02)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey