Home / Sumut / Gubernur Sumut Puji Aplikasi “Binjai Kota Pintar”

Gubernur Sumut Puji Aplikasi “Binjai Kota Pintar”

image_pdfimage_print

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Walikota Binjai M.Idaham, bersama para OPD Pemprovsu dan Pemko Binjai saat berada di ruang pusat komando kantor walikota Binjai, Rabu (6/3). (Foto: LintasMedan/ist)

Binjai, 6/3 (LintasMedan) – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memuji aplikasi Binjai Kota Pintar atau “Binjai Smart City” yang dicetuskan Pemerintah Kota (Pemko) Binjai sebagai wujud pemanfaatan teknologi sistem informasi.

“(aplikasi Binjai Smart City) Ini sistem yang sangat bagus. Merespon tuntutan modernisasi dan globalisasi ke depan,” katanya di kantor walikota Binjai, Rabu.

Menurutnya, penerapan sistem aplikasi Binjai Smart City membuat pengelolaan pemerintahan jauh lebih baik dan modern.

Terkait keberhasilan Pemko Binjai menerapkan aplikasi Binjai Smart City, ia meminta seluruh pemerintah kabupaten/kota lain di Sumut agar belajar ke Binjai untuk selanjutnya menerapkan sistem informasi berbasis pelayanan publik di daerahnya masing-masing.

Ia menambahkan, sistem informasi yang diterapkan dalam rangka mewujudkan percepatan dan optimalisasi pelayanan kepada masyarakat di Kota Binjai tersebut masih perlu disempurnakan untukselanjutnya disinergikan dengan kabupaten/kota lain, sehingga Binjai benar-benar berperan menjadi kota penyangga untuk Kota Medan sebagai ibu kota Provinsi Sumut.

Karena itu, Edy mendorong seluruh Forum Koordinasi Pimpina Daerah (Forkopimda) kabupaten dan kota lain juga menerapkan sistem informasi di masing-masing wilayahnya agar saling terhubung satu sama lain, yakni TNI, Polri dan Kejaksaan.

Sebab, kaata dia, institusi tersebut berperan menjamin keberlangsungan kehidupan bermasyarakat dari sektor pertahanan dan keamanan serta kepastian hukum.

“Kita kan ada Babinsa dan Babinkamtibmas yang mereka itu ada di masyarakat. Mereka harus tahu bagaimana kondisi di masyarakatnya. Jadi undang-undang mengatur itu, masing-masing punya tupoksi (tugas pokok fungsi). Inilah harus bersatu bersama, dalam membangun wilayah,” ujarnya.

Sementara Wali Kota Binjai Muhammad Idaham mengaku sangat berterima kasih dan bangga atas apresiasi Gubernur terkait sistem informasi pemerintahan yang modern, transparan dan tepat guna. Meskipun diakuinya, masih perlu penyempurnaan dalam penerapan aplikasi terpadu ini.

“Terima kasih Pak Gubernur atas masukan arahannya. Kami siap jika memang diminta untuk menjadi mentor bagi kabupaten/kota yang lain. Karena dari provinsi lain juga sudah belajar ke Binjai,” katanya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey