Home / Headline / Hasban Dituding Lakukan “Adu Domba”

Hasban Dituding Lakukan “Adu Domba”

image_pdfimage_print

Ketua DPRD Sumut, Ajib Shah (Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 25/9 (LintasMedan) – Ketua DPRD Sumatera Utara, Ajib Shah menilai Sekretaris Daerah (Sekda) Sumut Hasban Ritonga tengah melakukan upaya-upaya ‘adu domba’ antara Plt Gubernur Tengku Erry Nuradi dengan Legislatif.

“Tolong kepada Hasban Ritonga jangan adu domba kami (DPRD) dengan Plt Gubernur, seperti ada upaya-upaya ke arah itu. Kami ini mau kerja,” tegas Ajib Shah, Kamis menyikapi pernyataan Hasban di berbagai media massa.

Menurutnya pernyataan Hasban yang juga ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah menyerahkan draf Rancangan-APBD 2016 ke DPRD Sumut, merupakan pemberitaan yang sesat.

“DPRD Sumut belum ada menerima draft R-APBD 2016, bahkan untuk draf Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) P-APBD 2015, Pemprov Sumut baru menyerahkannya tanggal 21 September 2015 dan kita langsung melakukan rapat gabungan,” kata Ajib Shah.

Politisi Partai Golkar ini mengingatkan Hasban untuk tidak ‘asal bunyi’ dalam memberikan keterangan dan dia meminta supaya Plt Gubernur menegur pejabat tersebut.

“Sampaikanlah keterangan yang benar pada media,” ujarnya.

Menurut dia pernyataan Hasban Ritonga tersebut, seolah ingin menyudutkan lembaga legislatif di bawah kepemimpinannya. Apalagi dalam pernyataan itu Hasban meminta supaya pihak DPRD Sumut lebih serius bekerja.

Ajib menegaskan bahwa yang perlu serius bekerja justru adalah Sekda Prov Sumut agar sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa tergali secara maksimal.

Sedangkan bagi DPRD Sumut, kata Ajib, khususnya untuk anggota dewan yang baru duduk di legislatif, inilah saatnya mereka baru bekerja. “Jadi tidak mungkin mereka tidak serius,” kata Ajib.

Namun pihak Pemprov Sumut yang malah memperlambat dengan telatnya penyerahan KUA-PPAS APBD 2015. Padahal seharusnya sudah bisa mulai dibahas awal September 2015 .

DPRD Sumut sudah dua kali menyurati Pemprov Sumut agar segera menyampaikan draf KUA-PPAS untuk pembahasan P-APBD 2015.

“Makanya surat ke -3 yang kita sampaikan juga ditembuskan ke Mendagri, agar pihak Mendagri tahu keterlambatan bukan dari dewan,” kata Ajib.

Sebelumnya Hasban Ritonga mengatakan draf KUA-PPAS untuk pembahasan P-APBD 2015 sudah diserahkan ke DPRD Sumut, Senin (21/9). Pihaknya juga mengaku  telah menyerahkan draf rancangan APBD 2016.

“Kita sudah kirim drafnya ke DPRDSU, sekaligus draf Rancangan APBD 2016,” katanya kepada wartawan di Lantai 9 Kantor Gubernur, baru-baru ini.(LMC-02)

 

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey