Januari 2019 Pemerintah Rekrut PPPK

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin. (Foto: LintasMedan/dok)

Jakarta, 20/12 (LintasMedan) – Pemerintah merencanakan akan melakukan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada Januari 2019.

Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja, menyatakan perekrutan P3K ini mulai dilakukan pada Minggu keempat Januari 2019.

“Pertama bulan Januari, yang kedua setelah pemilu bulan April 2019,” paparnya, seperti dilansir dari situs setkab.go.id, Kamis.

Selain merekrut tenaga P3K, pemerintah, kata Setiawan, juga akan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) jalur umum.

“Rekrutmen ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pegawai, terutama bidang Pendidikan dan Kesehatan di mana banyak pegawai yang akan memasuki usia pensiun pada tahun 2019,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri PAN-RB Syafrddin menjelaskan, bahwa rekrutmen P3K akan dilakukan dengan sangat terbuka, karena diselenggarakan secara umum yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat dengan batas usia maksimal dua tahun sebelum batas usia pensiun dari jabatan yang akan dilamar.

Selain itu, lanjut dia, P3K diharapkan dapat merekrut tenaga profesional dengan tujuan meningkatkan SDM di Indonesia terutama yang memiliki usia di atas 35 Tahun yaitu batas usia rekrutmen CPNS.

Terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) No. 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, kata Syafruddin, membuka peluang bagi kalangan profesional, diaspora, hingga eks tenaga honorer untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“PPPK dapat mengisi Jabatan Fungsional (JF) dan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) tertentu sesuai kompetensi masing-masing,” kata Syafruddin. (LMC-03)