Home / Medan / Kenaikan Tarif Air PDAM Tirtanadi Sudah Dikaji Matang

Kenaikan Tarif Air PDAM Tirtanadi Sudah Dikaji Matang

image_pdfimage_print

Sejumlah warga menghadiri acara sambung rasa dan sosialisasi kenaikan tarif PDAM Tirtanadi, di kantor Kelurahan Mabar Hilir, Kecamatan Medan Deli, Selasa. (19/4). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 19/4 (LintasMedan) – Dosen Fisipol Universitas Sumatera Utara (USU) Drs. Irfan Simatupang, M.Si, mengemukakan rencana menaikkan tarif air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi sudah melalui penelitian dan pengkajian yang matang.

“Kenaikan tarif air ini pastinya sudah dilakukan berbagai kajian yang mendalam dan mempertimbangkan berbagai aspek,” katanya pada acara sambung rasa dan sosialisasi kenaikan tarif PDAM Tirtanadi, di kantor Kelurahan Mabar Hilir, Kecamatan Medan Deli, Selasa.

Menurut dia, penelitian dan kajian akademis tersebut penting dilakukan untuk mempertimbangkan beban masyarakat sebelum menetapkan kebijakan kenaikan tarif tersebut.

Dari hasil kajian itu, lanjutnya, akhirnya dapat diperoleh kesimpulan rincian besaran kenaikan tarif air yang direncanakan.

Meski demikian, Irfan menyatakan sependapat dengan harapan permintaan pelanggan agar kenaikan tarif air tersebut harus dibarengi dengan optimalisasi pelayanan dan peningkatan kualitas air.

“Saya juga berharap pelayanan PDAM Tirtanadi semakin ditingkatkan. Jangan ada lagi air kotor maupun mampet, itula yang diharapkan dari masyarakat. Jika ada keluhan dari masyarakat ataupun pelanggan haruslah secara cepat direspon,” ujarnya.

Acara sambung rasa dan sosialisasi penyesuaian tarif air PDAM Tirtanadi itu dihadiri sejumlah warga Kecamatan Medan Deli, aktifis lembaga swadaya masyarakat serta Sekretaris Kecamatan Medan Deli Irvan Siregar, Lurah Mabar Hilir Syahrul, Kacab PDAM Cemara, Kepala Humas PDAM Tirtanadi Zulkifli Lubis dan staf.

Kepala Humas PDAM Tirtanadi Zulkifli Lubis, mengatakan bahwa tarif air PDAM Tirtanadi sudah lama tidak melakukan penyesuaian.

“Tarif PDAM Tirtanadi terakhir kali mengalami kenaikan pada tahun 2013. Rencana kenaikan tarif tahun ini dirasakan sudah sepantasnya dilakukan, karena dengan dilakukan penyesuaian tarif akan semakin meningkatkan kualitas kepada masyarakat (pelanggan),” ujarnya.

Disebutkannya, PDAM Tirtanadi dalam upaya meningkatkan pelayanan juga telah dibuka pembayaran rekening air dan membuka sambungan baru secara online. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey