Home / Medan / Kodrati Kembali Gelar Donor Darah

Kodrati Kembali Gelar Donor Darah

image_pdfimage_print

Pimpinan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan Avina Hendarti (kelima kanan) menyerahkan piagam penghargaan kepada pimpinan PDAM Tirtanadi yang diwakili Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi Arif Haryadian (kelima kiri) di Medan, Rabu (13/2). Penghargaan itu diberikan sebagai sebagai tanda ucapan terima kasih atas dukungan dan partisipasi PDAM Tirtanadi selama ini pada kegiatan donor darah. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 13/2 (LintasMedan) – Komunitas Donor Darah Tirtanadi (Kodrati) kembai menggelar aksi donor darah diikuti sejumlah pimpinan dan karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Sumatera Utara beserta warga, di Medan, Rabu (13/2).

Siaran pers Humas PDAM Tirtanadi, menyebutkan setiap acara donor darah yang digelar Kodrati bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan tersebut selalu mendapat tanggapan positif dari jajaran PDAM Tirtanadi dan masyarakat.

Bahkan ada karyawan dan warga yang sudah terbiasa menjadi pendonor justru menantikan acara donor darah yang sudah beberapa kali digelar di gedung kantor pusat PDAM Tirtanadi Jalan Sisingamangaraja Medan tersebut.

Turut juga mendonorkan darah, Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi Arif Haryadian dan sejumlah staf badan usaha milik daerah (BUMD) itu.

Pada kesempatan itu, Arif Haryadian mengapresiasi aksi donor darah yang digagas Kodrati tersebut.

“Kami memberikan apresiasi khusus kepada Kodrati yang diketuai oleh Pak Gunawan, yang sukses secara rutin melakukan kegiatan-kegiatan, baik kegiatan amal ini,” katanya.

Menurut Arif, donor darah adalah kegiatan yang bermanfaat bagi pendonor maupun penerima.

“Kegiatan donor darah bukan hanya bermanfaat hanya kepada penerima, tetapi juga bagi pendonornya. Meningkatkan kualitas pendonor menjadi kualitas lebih baik. Secara fisik, secara kesehatan, pasti lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, katanya, kegiatan seperti ini juga sangat baik dari sudut agama.

“Juga secara qolbu. Jadi secara qolbu dia lebih baik, karena dia mempunyai hati yang ikhlas memberikan setetes darahnya untuk orang lain. Bermanfaat bagi orang lain merupakan sebuah kebaikan,” kata Arif seraya mengutip sebuah ayat dari Surat Al Imran Ayat 104.

Dalam tafsir ayat tersebut disebutkan, “dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

“Kami ucapkan selamat dan minta kepada Kodrati untuk tetap semangat. Dan secara rutin untuk melaksanakan kegiatan baik dan bermanfaat seperti ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Kodrati Gunawan Hary Mulya menyebutkan dalam kegiatan donor darah diikuti 174 orang pendaftar dan yang berhasil sebagai pendonor sebanyak 144 orang.

Kegiatan sosial itu menghasilkan 144 kantong darah dan yang gagal karena alasan kesehatan 30 orang.

“Kodrati sudah terbentuk sejak tahun 2011. Mereka rutin melakukan kegiatan donor darah per tiga bulan, sehingga dalam setahun ada empat kali kegiatan seperti ini, bekerjasama dengan PMI Unit Transfusi Darah Kota Medan,” ujarnya.

Disebutkan, ada dua tujuan donor darah, yaitu hidup sehat dan berbagi kepada sesama atau yang membutuhkan darah.

“Hidup sehat karena sirkulasi atau peredaran darah menjadi lebih baik. Terjadi pertukaran darah,” katanya.

Pihaknya mengajak segenap elemen masyarakat lebih peduli menuju hidup sehat dan peduli kepada masyarakat lainnya yang membutuhkan darah. (LMC-02/rel)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey