Home / Bisnis / Konjen Jepang Gelar Ulang Tahun Ke 85 Kaisar Akihito

Konjen Jepang Gelar Ulang Tahun Ke 85 Kaisar Akihito

image_pdfimage_print

Konjen Jepang Takeshi Ishii dan isteri foto bersama konsul negara sahabat, Walikota Medan Dzulmi Eldin serta Bupati Sergai Sukirman di Hotel Grand Aston Medan Selasa (4/12) malam.(Foto:LintasMedan/Wie)

Medan, 5/12 (LintasMedan) – Konsulat Jenderal Jepang di Medan merayakan ulang tahun ke 85 Kaisar Jepang Akihito di Hotel Grand Aston Medan Selasa (4/12) malam ditandai dengan toast bersama Gubsu diwakili Asisten I Ibnu Sri Hutomo dan Konsul Jenderal (Konjen) Jepang di Medan Takeshi Ishii.

Acara itu juga dihadiri Konsul negara sahabat seperti Konjen Amerika Serikat untuk Sumatera Juha P Salin, Konjen Malaysia di Medan Amizal, Konjen India Shalia Shah dan Konsul Kehormatan Turki Rahmat Shah. Juga hadir Walikota Medan Dzulmi Eldin dan Bupati Sergai Sukirman.

Konjen Takeshi Ishii dalam sambutannya mengatakan Sribaginda Kaisar Akihito lahir pada 23 Desember 1933 merupakan Kaisar ke 125. Kaisar Akihito bertahta sejak 7 Januari 1989, menggantikan ayahnya Kaisar Hirohito yang meningggal dunia. Pada 7 Januari tahun 2019, Kaisar Akihito genap berkuasa selama 30 tahun.

“Pada 2019 tahun depan Kaisar Akihito akan menyerahkan mahkotanya ke Putra Mahkota Naruhito,” kata Konsul Ishii.

Ia menambahkan Kaisar Akihito mengucapkan terima kasih kepada Indonesia atas dukungan moril dan bantuannya ketika terjadi bencana tsunami di Jepang beberapa tahun lalu. Sebaliknya Kaisar juga menyatakan turut belasungkawa atas beberapa bencana gempa dan tsunami di Lombok dan Palu.

Konsul Ishii mengatakan tahun ini merupakan peringatan ke 60 hubungan diplomatik Jepang-Indonesia. Khusus di Medan-Sumatera Utara, hubungannya sudah terjalin cukup bagus dan kuat dengan Jepang.

Peringatan ke 60 tahun hubungan diplomatik itu dirayakan dengan banyak acara di Medan seperti pertunjukan alat musik dan kebudayaan Jepang.
“Kami berharap warga Sumut dapat menjadikan Jepang sebagai tujuan wisata berikutnya,” kata Ishii.

Gubernur Sumut Edi Rahmayadi dalam sambutannya dibacakan Asisten I Ibnu Sri Hutomo menyebut hubungan dengan Jepang selama ini sudah baik. Banyak bantuan Jepang ke Sumut yang mendukung pembangunan daerah ini.
“Konjen Jepang sudah berkolaborasi kepada kita semua,” kata Ibnu.

Konjen Jepang juga memberikan penghargaan kepada dua yayasan persahabatan Jepang di Medan dan Aceh yang telah mempromosikan Jepang. (LMC-05)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey