Home / Politik / KPU Apresiasi Polda Sumut Menangkap Pelaku Hoax

KPU Apresiasi Polda Sumut Menangkap Pelaku Hoax

image_pdfimage_print

Medan, 20/3 (LintasMedan) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara mengapresiasi langkah Polda Sumut menangkap pelaku pembuat video hoax surat suara tercoblos. KPU Sumut melaporkan video tersebut pada 3 Maret Polda Sumut.

“KPU mengucapkan terima kasih kepada Kapoldasu Irjen Pol Agus Adrianto dan jajaran dalam menyelesaikan kasus penyebaran video hoax ini,” kata Ketua KPU Sumut Yulhasni.

Ia mengatakan langkah tersebut merupakan bentuk kerja keras kepolisian yang ingin Sumut tetap kondusif menghadapi Pemilu 2019.

Ia berharap kasus ini bisa memberikan efek jera bagi siapa pun yang menginginkan Sumut tidak kondusif dan bagi para pelaku penyebar hoax.

Sebelumnya, Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan menyatakan bahwa pelaku ditangkap oleh petugas Subdit V/Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut dari Provinsi Jawa Barat pada Kamis, 14 Maret 2019.

Pelaku berinisal UR diamankan dari Jawa Barat dan telah ditahan di Mapolda Sumut.

Saat ini penyidik masih melakukan pemeriksaan intensif untuk mengetahui motif tersangka menyebarkan video hoax yang menuding KPU Sumut curang.
Akun yang digunakan tersangka untuk menyebar video hoax tersebut adalah akun palsu. Penangkapan berhasil dilakukan setelah petugas bekerja ekstra dan menelusuri pertemanan di akun Facebook tersebut.

Laporan dibuat karena video tersebut dianggap dapat memprovokasi dan menjelekkan nama baik KPU sebagai penyelenggara pemilu. Video hoax tersebut diketahui diposting oleh akun Facebook bernama Muhamad Adrian dan Kusmana.(LMC/rel)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey