Home / Headline / Kunjungan Pejabat Dinas Pariwisata Sumut ke Italia Dipertanyakan

Kunjungan Pejabat Dinas Pariwisata Sumut ke Italia Dipertanyakan

image_pdfimage_print

Ilustrasi

Medan, 17/9 (LintasMedan) – Kalangan anggota DPRD Sumatera Utara mempertanyakan tujuan kunjungan rombongan pejabat Sumut ke Italia yang disebut-sebut dalam rangka tindaklanjut dari memperjuangkan Danau Toba sebagai salah satu Geopark Kaldera.

“Saya belum tahu apa maksud dan tujuan kunjungan itu, walaupun komisi saya (Komisi B DPRD) membidangi hal yang terkait pariwisata,” kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut Aripay Tambunan kepada pers di Medan, Senin.

Politisi PAN ini juga mengaku belum ada menerima pemberitahuan resmi terkait keberangkatan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Sumut, Wan Hidayati dan lembaga terkait ke negara Eropa itu.

Karena itu pihaknya akan mengulas lebih rinci apa yang melatarbelakangi Kadis Pariwisata Sumut Wan Hidayati beserta rombongan melakukan kunjungan ke Italia.

“Saya belum bisa memberikan keterangan lebih jauh saat ini,” ujar Aripay.

Disebutkannya Komisi B DPRD Sumut telah menjadwalkan pertemuan dengan lembaga-lembaga yang terkait dengan Geopark Kaldera Toba, pada pekan depan di gedung dewan.

Sebelumnya Aripay mengemukakan pihaknya sangat mendukung perjuangan Danau Toba untuk dijadikan obyek pariwisata dunia.

Namun dia menekankan, pembangunan sektor pariwisata Danau Toba harus bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Karena pada akhirnya, pembangunan sektor pariwisata harus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga mereka harus dilibatkan,” katanya.

Sementara itu informasi yang beredar menyebutkan kunjungan delegasi Sumut ke Italia terkait geopark Danau Toba diperkirakan terdiri dari, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Sumut, mantan Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumut Zubaidi serta seorang wartawati.

Namun belum diketahui berapa jumlah keseluruhan rombongan delegasi Sumut itu termasuk sumber dana yang mereka gunakan.(LMC-02)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey