Home / Headline / Medan Dorong Pelaku Startup Terus Berkreasi

Medan Dorong Pelaku Startup Terus Berkreasi

image_pdfimage_print

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution (tengah) berfoto bersama para pelaku startup yang menjadi peserta DILo Hackathon Festival (DHF) Tahun 2019 di Medan, Sabtu (24/8). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 23/8 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan mendorong kalangan pelaku usaha rintisan atau startup di daerah itu memperbanyak kreasi untuk melahirkan produk inovatif digital yang bisa dikomersilkan dan digunakan bagi masyarakat banyak.

“Kita mendorong inovasi setiap perusahaan pemula atau startup agar berkembang lebih baik,” kata Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution di sela menghadiri pertemuan dengan puluhan pelaku startup dalam acara DILo Hackathon Festival (DHF) di Medan, Sabtu (24/8).

Disebutkannya, Pemerintah mendukung penuh kemajuan perusahaan rintitasan digital atau Startup di Indonesia.

Salah satu bentuk dukungan adalah berupa deregulasi atau penyederhaan perizinan agar pelaku usaha starup hanya perlu mendaftakan diri tanpa harus mengantongi izin usaha berbasis aplikasi.

Ia menilai usaha startup merupakan salah satu industri ekonomi kreatif yang dapat diandalkan untuk menunjang berbagi program pembangunan.

Bahkan, kata dia, usaha bidang digital tersebut juga bisa menjadikan Indonesia termasuk Kota Medan semakin dikenal dan dapat bersaing di kancah persaingan global.

“Masa depan bangsa ada di tangan generasi muda yang penuh inovasi dan kreatifitas. Kami berharap semakin banyak pelaku startup muncul dari Kota Medan,” ujarnya.

Pemko Medan, menurut Akhyar, akan terus melakukan pembenahan dan inovasi dalam hal pelayanan publik yang dilakukan secara digital agar lebih efisien.

Lebih lanjut Wakil Walikota menyebutkan salah satu perusahaan startup yang berhasil di Indonesia, yakni Go-Jek yang didirikan oleh Nadiem Makarim.

Kehadiran Go-Jek, kata dia, mampu memberi peluang lapangan kerja bagi banyak orang.

“Ke depan dunia akan dipegang oleh orang-orang kreatif dan penuh inovatif. Karena itu, teruslah berkreasi dan kembangkan kemampuan diri hingga kita semua menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang,” kata Akhyar didampingi Kabag Humas Setdako Medan Arrahman Pane.

Sebagaimana diinformasikan DILo Hackathon Festival yang digelar di Medan tersebut bertujuan membina para startup dan komunitas digital dalam mengembangkan kemampuan digitalnya dalam menghasilkan produk-produk digital.

Acara serupa juga digelar serentak di beberapa daerah di Indonesia, antara lain Kota Samarinda, Pekanbaru, Yogyakarta, Denpasar dan Bandung.

General Manager Telkom Medan Sudarto menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemko Medan atas sambutan dan dukungan baik yang diberikan kepad para pelaku startup dan DILo.

“Pengembangan digital ini menjadi bentuk kontribusi kami bagi Kota Medan. Semoga kehadiran startup membawa kemajuan yang signifikan bagi perkembagan Kota Medan di masa-masa yang akan datang,” tuturnya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey