Home / Medan / Medan Gelar Pasar Murah Kendalikan Harga Sembako

Medan Gelar Pasar Murah Kendalikan Harga Sembako

image_pdfimage_print

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (ketiga kiri) mengamati harga dan stok bahan kebutuhan pokok , usai membuka pasar murah Pemko Medan di Lapangan Widuri Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Rabu (17/5). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 17/5 (LintasMedan) – Pemerintah Kota Medan menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah menggelar pasar murah di 151 titik, guna mengendalikan harga sembilan bahan kebutuhan pokok (Sembako) masyarakat di Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara tersebut.

“Harga bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah telah kita subsidi, sehingga jauh lebih murah dari harga di pasaran,” kata Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin pada acara pembukaan pasar murah Pemko Medan yang dipusatkan di Lapangan Widuri Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Rabu.

Pembukaan pasar murah tersebut ditandai dengan pemukulan bedug oleh Walikota dan turut didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Medan Iswanda Ramli beserta unsur Forum koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan.

Menurut Eldin, sasaran operasi pasar murah ini adalah masyarakat berpenghasilan rendah atau warga kurang mampu.

Untuk mewujudkan sasaran tersebut, Walikota mengingatkan kepada seluruh panitia, termasuk camat dan lurah agar berperan aktif mengawasi dan mensukseskan pelaksanaan pasar murah yang tujuan utamanya untuk meringankan beban warga kurang mampu dalam menyambut bulan puasa dan lebaran.

“Pastikan bahan kebutuhan pokok yang dijual berkualitas dan layak konsumsi,” ujar Eldin.

Dengan demikian, lanjutnya, warga kurang mampu dapat membeli untuk memenuhi kebutuhannya, terutama dalam menghadapi bulan puasa.

“Insya Allah dengan terpenuhinya kebutuhan ini, saudara-saudara kita dapat lebih tenang dan khusuk dalam menjalani ibadah puasa,” ujar Walikota.

Bahan kebutuhan pokok yang ditawarkan di setiap titik pasar murah, antara lain beras IR-64 Rp8.100/kg, gula pasir Rp10.500/kg, tepung terigu Rp6.380/kg, telur ayam Rp1.085/butir, kacang tanah kupas Rp23.700/kg , margarine 200 gram Rp5.450/sachet dan minyak goreng kemasan Sania 1 liter Rp.12.000/pcs.

Sebelumnya, Kadis Perdagangan Kota Medan Syarief Armansyah Lubis, menjelaskan, Pemko Medan mengalokasikan dana sekitar Rp3,5 miliar untuk mensubsidi harga seluruh bahan kebutuhan pokok yang ditawarkan pasar murah tersebut.

“Pasar murah ini juga digelar dalam rangka mengantisipasi gejolak harga jelang hari besar keagamaan (puasa dan lebaran) sekaligus menekan laju inflasi,” ujarnya. (LMC-01)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey