Home / Medan / Medan Segera Bentuk Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana

Medan Segera Bentuk Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana

image_pdfimage_print

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution (kedua kanan) memberikan arahan dalam rapat pembahasan pembentukan tim reaksi cepat penanggulangan bencana (TRC-PB), di Medan, Selasa (25/9). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 25/9 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan segera membentuk tim reaksi cepat penanggulangan bencana untuk penanganan yang lebih cepat, terpadu dan maksimal bila terjadi bencana alam di wilayah tersebut.

“Penanggulangan bencana di Medan selama ini masih bersifat seporadis, untuk itu perlu adanya peninjauan ulang dalam penanganan bencana tersebut agar lebih terstrukur,” kata Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution, di Medan, Selasa (25/9).

Berbicara dalam rapat pembentukan tim reaksi cepat penanggulangan bencana (TRC-PB), Akhyar mengemukakan tugas pokok tim tersebut adalah melaksanakan kajian secara cepat dan tepat di lokasi bencana dalam waktu tertentu.

Materi yang dikaji, antara lain mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, jumlah bencana, kerusakan prasarana dan sarana, gangguan terhadap fungsi pelayanan umum dan pemerintahan serta kemampuan sumber daya alam maupun buatan.

Selanjutnya, hasil kajian TRC-PB akan dijadikan masukan bagi institusi terkait dalam penanganan darurat bencana.

Wakil Walikota menambahkan, sebagian besar kawasan bantaran sungai di Medan dewasa ini telah berubah fungsi menjadi pemukiman penduduk.

Sementara, bantaran sungai merupakan salah satu kawasan resapan air yang tidak boleh dijadikan lokasi pemukiman.

Untuk mengembalikan fungsi bantaran sungai tersebut, menurut dia, perlu dilakukan kajian terhadap keberadaan masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai yang selama ini rentan menjadi korban banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Arjuna Sembiring menjelaskan bahwa TRC-PB ini diperlukan Kota Medan untuk penanganan bencana yang lebih cepat dan terpadu.

Selain itu, keberadaan tim ini juga akan semakin mempermudah jika ada bantuan dari BNPB untuk penanggulangan bencana di Kota Medan.

“TRC-PB ini memiliki tugas pokok dan fungsi dalam pengkajian secara cepat dan tepat dilokalisir bencana dalam waktu tertentu dengan mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, jumlah bencana, kerusakan prasarana dan sarana, gangguan terhadap fungsi pelayanan umum,” paparnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey