Home / Medan / Medan-Tanggerang Kerja Sama “Smart City”

Medan-Tanggerang Kerja Sama “Smart City”

image_pdfimage_print

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin menyaksikan Walikota Tanggerang Arief R Wismansyah dan Kadis Kominfo Kota Medan Zain Noval saling tukar naskah kesepahaman bersama (MoU) tentang kerja sama kota pintar (smart city) di kantor walikota Tanggerang, Jumat (21/9). (Foto: LintasMedan/ist)

Tanggerang, 20/9 (LintasMedan) – Pemerinah Kota (Pemko) Medan sepakat menjalin kerja sama tentang pengembangan dan implementasi aplikasi “Smart City” dengan Pemko Tanggerang, Jawa Barat yang telah menerapkan berbagai aplikasi kota pintar.

Kesepakatan kerja sama tersebut dituangkan dalam naskah kesepahaman bersama atau memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin dengan Walikota Tanggerang Arief R Wismansyah di kantor walikota Tanggerang, Jumat (21/9).

Walikota Medan berharap kesepakatan kerja sama dapat memaksimalkan upaya Pemko Medan meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat.

“Pemko Medan tertarik dengan program smart city yang telah diterapkan Pemko Tanggerang saat ini,” kata Dzulmi Eldin.

Melalui kerja sama tersebut, pihaknya akan mengadopsi sekaligus mengembangkannya di Kota Medan.

Disebutkan, ada 21 aplikasi baik itu layanan publik dan pemerintahan yang akan turut dikembangkan Pemko Medan.

Selain itu, menurut dia, Pemko Medan sangat tertarik dengan aplikasi “command centre” di Tanggerang Live Room (TLR) yang dioperasikan di Pemko Tanggerang.

“Apabila kita dapat membangun “command centre” seperti TLR di Kota Medan, tentunya aktivitas dan kinerja setiap OPD di Pemko Medan dapat kita monitor, termasuk menindaklanjuti keluhan masyarakat,” kata Walikota.

Sebagimana diinformasikan, TLR oleh Pemko Tanggerang difungsikan untuk memonitoring berbagai aktifitas organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemko setempat.

Selain itu, TLR berfungsi untuk menghimpun data-data atau informasi dari masing-masing OPD untuk selanjutnya dijadikan acuan dalam menangani apabila terjadi kendala.

Penandatanganan MoU antara Walikota Medan dengan Walikota Tanggerang turut dihadiri Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Medan Zain Noval, Kabag Hakda Setdako Medan Rivai Nasution dan Kabid Persandian Dinas Kominfo Medan Tofan Ginting.

Pada kesempatan itu, Zain Noval juga menandatangani MoU dengan Kadis Kominfo Kota Tanggerang Syamsul Bahri.

Dalam kerja sama itu disepakati adopsi dan adaptasi aplikasi yang akan diterapkan di Pemko Medan melalui Dinas Kominfo Medan.

“Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan pemerintah daerah kepada masyarakat dengan cepat dan maksimal,” ujar Zain Noval. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey