Home / Luar Negeri / Advetorial / Paulus Sinulingga Dilantik PAW Anggota DPRD Medan

Paulus Sinulingga Dilantik PAW Anggota DPRD Medan

image_pdfimage_print

Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung secara resmi melantik Drs Paulus Sinulingga menjadi anggota DPRD Medan Pengganti Antar waktu (PAW) sisa masa jabatan selama empat bulan periode 2014-2019, Selasa (14/5). (Foto:LintasMedan/irma)

Medan, 14/5 (LintasMedan) – Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung secara resmi melantik Drs Paulus Sinulingga menjadi anggota DPRD Medan Pengganti Antar waktu (PAW) sisa masa jabatan selama empat bulan periode 2014-2019.

Pelantikan Paulus Sinulingga dilakukan melalui rapat paripurna istimewa peresmian, pemberhentian dan pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) di gedung DPRD Medan, Selasa (14/5/2019).

Kader Partai Hanura ini menggantikan DR Bangkit Sitepu yang wafat pada 8 Pebruari 2019.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung didampingi Wakil Ketua Iswanda Ramli dan Wakil Ketua H Ihwan Ritonga SE terlebih dahulu membacakan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.44/2016/KPTS/2019 tertanggal 2 Mei 2019 dan selanjutnya melantik serta melakukan penyematan PIN DPRD Medan.

Penyematan PIN oleh Ketua DPRD Medan Hendry Jhon,usai dilakukan pelantikan (Foto:LintasMedan/ist)

Sebagaimana diketahui dalam Surat Keputusan yang ditandatangani Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memutuskan, memberhentikan dengan hormat Bangkit Sitepu (Almarhum) sebagai anggota DPRD Medan.

Kemudian sesuai dengan hasil rapat Badan Musyawarah DPRD Kota Medan tertanggal 7 Mei 2019 yang menyatakan pada Selasa 14 Mei 2019 dilaksanakan peresmian pemberhentian dan pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kota Medan, sisa masa jabatan 2014-2019 atas nama Drs Paulus Sinulingga.

Selanjutnya mengangkat Drs Paulus Sinulingga sebagai PAW terhitung sejak pengangkatan sumpah/janji.

Henry Jhon dalam sambutannya berharap Paulus Sinulingga dalam waktu singkat dapat bekerja maksimal dan aktif dalam melaksanakan tugas dan fungsi selaku anggota dewan, terutama dalam menyerap dan memperjuangkan aspirasi para kostituen yang telah memilihnya pada Pemilihan Legislatif 2014 lalu.

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution (kiri) dan para pimpinan DPRD Medan. (Foto:LintasMedan/ist)

“Diharapkan Paulus Sinulingga dapat bekerja maksimal berbuat demi kepentingan umum terutama peningkatan pembangunan di kota Medan menuju masyarakat lebih sejahtera,” katanya.

Henry Jhon juga atas nama seluruh anggota DPRD Medan mengucapkan selamat kepada Paulus Sinulingga menjadi bagian dari anggota legislatif.

Ucapan yang sama juga disampaikan Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution. “Atas nama Pemerintah Kota Medan kami ucapkan selamat bertugas di DPRD Medan,” katanya.

Dia berharap agar wakil rakyat yang baru dilantik tidak justru terjebak dalam ephoria, namun harus mampu mengemban kepentingan masyarakat.

“Kepada Paulus Sinulingga kiranya mampu bekerja maksimal dan mencurahkan segala potensi menjadi pelayan di tengah masyarakat, bukan malah sebaliknya minta rakyat yang melayani. Jadikan sisa masa jabatan ini kesempatan terbaik membantu masyarakat, mengabdi kepada nusa dan bangsa,” harap Akhyar.

Siap Jadi Pelayan Masyarakat

Drs Paulus Sinulingga. (Foto:LintasMedan/irma)

Sementara Paulus Sinulingga kepada wartawan usai pelantikan menyimpan obsesi yang cukup besar demi perbaikan Kota Medan, di periode jabatannya yang terbilang cukup singkat selama lima bulan ini.

Sebenarnya menjadi anggota DPRD Kota Medan bukanlah yang asing bagi Paulus Sinulingga. Pasalnya jabatan atau posisi sebagai wakil rakyat tersebut sudah pernah diembannya pada periode 2009-2014. Ketika itu ia masih berbendera Partai Damai Sejahtera (PDS).

Pengalaman di legislatif ini menjadikan dirinya lebih gampang memahami ragam persoalan yang masih melanda di kota metropolitan tersebut.

“Tentu saya menyimpan obsesi ingin berkontribusi terhadap perbaikan Kota Medan, melalui lembaga legislatif ini,” ucapnya.

Paulus melihat sejumlah persoalan masih melanda kota Medan di antaranya masalah sampah dan drainase yang buruk. Selain itu, kata dia sejumlah Perda juga belum benar-benar tersosialisasi ke masyarakat.

“Tapi yang terpenting saya juga masih banyak belajar,” kata wakil rakyat yang bakal duduk di Komisi B (II) ini.

Artinya, kata Paulus, dia akan meneruskan apa-apa yang sedang diprogramkan di komisi di mana ditempatkan.

Sebagai anggota yang baru bergabung, menurut Paulus, dirinya harus beradaptasi dengan anggota DPRD Medan lainnya khususnya yang duduk di Komisi B. “Tapi yang pasti saya akan tetap menjadi corong masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya ke eksekutif (Pemko Medan),” katanya.

Saat diambil sumpah jabatan, Paulus berjanji akan berjuang dan menyahuti aspirasi masyarakat yang diwakilinya. “Saya akan bekerja untuk rakyat yang saya wakili,” janji Paulus.

Paulus menambahkan, terkait telah dilantiknya ia sebagai anggota DPRD Kota Medan, beliau ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada Ketua DPD Hanura Sumut Kodrat shah, jajaran DPC Hanura Medan, Ketua DPRD Hendry Jhon Hutagalung , KPU Medan, Walikota Medan dan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Dimana dalam proses dan mekanismenya telah berjalan dengan baik penuh dinamika, sehingga BANMUS DPRD sudah dapat menjadwalkan acara Pemberhentian dan Pelantikan Drs. Paulus Sinulingga Fraksi Hanura periode 2014-2019.

Diketahui sebelumnya anggota DPRD Medan Bangkit Sitepu meninggal dunia saat menjalani perawatan kesehatan di Pulau Penang, Malaysia, pada Jumat (8/2/2019).

Bangkit Sitepu tercatat sebagai anggota DPRD Medan asal Partai Hanura dan sebagai ketua fraksi serta duduk di komisi B dan Badan Kehormatan Dewan (BKD).

Sementara hadir dalam rapat paripurna istimewa itu para anggota DPRD Kota Medan, Sekretaris DPRD Medan, Unsur Forum Kordinasi Pemerintahan dan para undangan.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey