Home / Sumut / PB3I Bertekad Lestarikan Budaya Marga Berutu

PB3I Bertekad Lestarikan Budaya Marga Berutu

image_pdfimage_print

Rangkaian acara adat digelar pada acara pelantikan Perpulungan Berutu Berru Bubrena Seluruh Indonesia (PB3I) usai digelar Musyawarah Besar (Mubes) III, persatuan organisasi marga tersebut baru-baru ini.(Foto:LintasMedan/ist)

Pakpak Bharat, 7/5 (LintasMedan) – Perpulungen Berutu Berru Bubrena Seluruh Indonesia (PB3I) bertekad akan tetap menjaga dan melestarikan budaya Pak Pak yang ditinggalkan leluhur marga Berutu.

“Perpulungen Marga Berutu mulai Berru dan Bubrena diharap bisa saling bekerja sama membangun dan menjaga wilayah marga berutu yang ada di Pakpak Bharat secara khusus,” kata Ketua Umum PB3I Periode 2015-2020, Remigo Yolando Berutu MBA usai dilantik setelah melaksanakan Musyawarah Besar (Mubes) III PB3I, baru-baru ini, di Pakpak Bharat.

Dia juga meminta agar peninggalan-peninggalan nenek moyang marga Berutu perlu mendapat perhatian dari marga Berutu khususnya yang tergabung dalam PB3I.

“Saya berharap kedepan pulungen marga Berutu ini akan terus maju dikenal oleh seluruh marga lain yang ada di Indonesia,” ujar Yolanda yang menjabat Bupati Pakpak Bharat.

Rangkaian pesta PB3I itu turut diikuti kegiatan adat dengan mengundang Kula-kula marga Berutu yaitu Marga Tumangger dan Tinambunen.

Munas PB3I selama dua hari itu juga turut mengujungi tempat peninggalan nenek moyang marga Berutu di Kuta Silaan dan Pancur Sipitu Pakpak Bharat.

Pelaksaan Mubes III berlangsung dengan dengan lancar dan sukses. Perwakilan marga-marga Berutu dari lebuh juga turut menghadiri kegiatan tersebut.

Keputusan Mubes III menetapkan kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PB3I Ketua Umum Remigo Yolando Berutu MBA, Ketua Harian Sonny P Berutu STh, Sekretaris Umum Kasiman Berutu Bendahara Umum, Manurung Naiborhu.

Panitia Mubes III PB3I, Ruslan Berutu mengatakan PB3I bertujuan untuk menyatukan persepsi dan pemikiran seluruh Marga Berutu.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey