Home / Politik / PDIP Tunjuk Baskami Ketua DPRD Sumut

PDIP Tunjuk Baskami Ketua DPRD Sumut

image_pdfimage_print

Baskami Ginting

Medan, 6/9 (LintasMedan) – DPP PDIP telah memutuskan Baskami Ginting menjabat Ketua DPRD Sumut periode 2019-2024.

Penunjukkan Baskami sebagai ketua di lemnaga legislatif itu merupakan hasil fit and propertest (uji kelayakan dan kepatutan) yang dilakukan partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri.

Sekretaris DPD PDIPerjuangan Sumut Sutarto kepada wartawan, Jumat (6/9) mengatakan sebelumnya ada tiga nama yang dipanggil unyuk uji kelayakan dan kepatutan.

” Namun menurut Sekjen DPP Hasto Kristyanto
dengan memperhatikan latar belakang kesejarahan, kondisi sosial politik, DPP menunjuk Baskami Ginting sebagai Ketua DPRD Sumut. Sedangkan jabatan Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumut periode 2019-2024, ditempati Mangapul Purba,” paparnya.

Soetarto juga menjelaskan, PDIP menginstruksikan kepada keduanya untuk dapat memajukan masyarakat Sumut melalui lembaga legislatif.

Namun secara umum, kata dia DPP partai memberikan instruksi kepada seluruh caleg terpilih agar dapat menjaga kehormatan partai, menjalankan fungsi perencanaan, legislasi dan pengawasan agar lembaga tersebut tetap dipercaya rakyat.

“Kemudian dapat memberikan saran yang membangun, mengawasi penggunaan anggaran dan selalu anti korupsi, juga mendukung program pemerintahan,” ungkapnya.

Soetarto juga menyebutkan, nama-nama yang akan menempati pimpinan DPRD kabupaten dan kota baik ketua maupun wakil ketua secara keseluruhan telah diputuskan oleh DPP.

“Tinggal dua lagi yang masih dibahas, yaitu Deliserdang dan Simalungun,”ucapnya.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey