Home / Medan / Pemko Medan Ajak IPHI Dukung Program Kebersihan

Pemko Medan Ajak IPHI Dukung Program Kebersihan

image_pdfimage_print

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution menyampaikan sambutan pada acara pelantikan pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Medan periode 2018-2023, di Medan, Jumat (9/11). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 9/11 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengajak segenap pengurus dan keluarga besar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) setempat agar ikut serta mendukung program kebersihan lingkungan dalam upaya mewujudkan ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu bebas dari sampah.

“Kebersihan akan memberikan dampak kesehatan bagi masyarakat serta menghindarkan masalah banjir akibat sampah yang menumpuk di saluran-saluran air,” kata Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution di Medan, Jumat (9/11).

Hal tersebut diungkapkan Akhyar Nasution saat menyampaikan sambutan pada pelantikan pengurus IPHI Kota Medan periode 2018-2023.

Menurut di, upaya menjaga kebersihan lingkungan dapat dilakukan dengan menyediakan tempat sampah di rumah masing-masing.

“Pemerintah bisa saja menyediakan tempat sampah untuk masyarakat, namun kalau kita tetap membuangnya sembarangan itu akan sia-sia,” ucap dia.

Pemko Medan, lanjut Wakil Walikota, sangat mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat secara bergotong royong dalam menjaga kebersihan atau pola hidup bersih dan sehat.

Melalui semangat gotong royong, kata Akhyar, rasa kebersamaan di masyarakat akan semakin erat dan hal itu ikut mempercepat program-program yang dilaksanakan Pemko Medan.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota juga mengajak seluruh pengurus dan anggota IPHI Kota Medan untuk senantiasa turut berpartisipasi nyata bagi pembangunan, terutama di bidang keagamaan.

“Kiprah IPHI selama ini terasa signifikan. Hal itu, dapat kita lihat dari upaya iphi dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang multikultur,” tuturnya.

Karena itu, pihaknya berharap kepada pengurus IPHI Medan yang baru dilantik dapat meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan bangsa dengan dibarengi peningkatan keimanan dan ketaqwaan serta amal nyata dalam upaya melestarikan kemabruran hajinya.

Sementara itu, Ketua terpilih IPHI Kota Medan, Ilyas Halim mengatakan bahwa IPHI merupakan organisasi keumatan yang seluruh anggotanya adalah haji.

“Prioritas kita adalah melestarikan haji mabrur. Haji mabrur itu artinya haji yang suka menabur salam, memberikan sedekah dan selalu berkata baik,” paparnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey