Home / Medan / Pemko Medan akan Terapkan e-Office

Pemko Medan akan Terapkan e-Office

image_pdfimage_print
Hasan Basri

Hasan Basri

Medan, 25/12 (LintasMedan) – Pemerintah Kota Medan tahun 2017 berencana menerapkan aplikasi e-office sebagai usaha debirokratisasi pemerintahan, dalam rangka mempermudah proses pelayanan administrasi.

“Saat ini Pemko Medan melalui Balitbang Kota Medan sedang mempersiapkan kajian program e-office sebagai bagian dari e-goverment tidak terelakkan untuk dilaksanakan sebagai respon tuntutan era informasi dewasa ini,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan Hasan Basri, di Medan, akhir pekan lalu.

Menurut dia, e-office merupakan aplikasi perkantoran yang mengganti proses administrasi berbasis manual ke proses elektronik dengan memanfaatkan fasilitas jaringan lokal (LAN) maupun internet (online).

Melalui aplikasi tersebut, lanjutnya, pekerjaan kantor yang selama ini dilakukan secara manual berubah menjadi elektronik dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Layanan e-office memberikan kemudahan bagi pemerintah dalam melakukan pengelolaan persuratan.

“Sehingga penyediaan layanan administrasi perkantoran bisa dilaksanakan secara elektronik kepada siapa saja, dimana saja, dan tiap saat,” ujarnya.

Aplikasi E-Office ini nantinya akan memperkaya aplikasi-aplikasi online yang telah terlebih dahulu diterapkan di Kota Medan seperti SIMPEG, SIMDA, SIRUP, e-Billing, Perpustakaan Digital I-Medan, serta aplikasi Medan Rumah Kita.

Hasan menjelaskan, manfaat tata naskah dinas elektronik ini, antara lain penghematan sumber daya seperti tenaga, kertas, waktu dan biaya serta sekaligus efisiensi dan penghematan anggaran.

“Hal ini tidak terlepas dari reformasi birokrasi, khususnya dalam aspek tata laksana, pengelolaan administrasi perkantoran dapat dilakukan dengan bantuan teknologi informasi yakni dengan membangun sebuah informasi perkantoran secara elektronik,” ujarnya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey