Home / Headline / Pemko Medan Beri Penghargaan Guru Berprestasi

Pemko Medan Beri Penghargaan Guru Berprestasi

image_pdfimage_print

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kiri) menyerahkan piagam penghargaan kepada para guru berprestasi pada puncak peringatan Hari Guru Indonesia Tahun 2018 dan HUT ke-73 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), di Medan, Kamis (6/12). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 6/12 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam rangka memperingati Hari Guru Indonesia dan HUT ke-73 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tahun 2018 memberikan apresiasi dan piagam penghargaan kepada sejumlah guru berprestasi di Medan.

“Wajar jika kita mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas pengorbanan dan perjuangan yang telah dilakukan para guru dan tenaga kependidikan demi memartabatkan bangsa ini,” kata Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin pada puncak peringatan Hari Guru Indonesia Tahun 2018, di Medan, Kamis (6/12).

Menurut dia, penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih atas pengabdian serta dedikasi yang telah diberikan dalam upaya mewujudkan pendidikan berkualitas di Kota Medan.

Pemko Medan, lanjutnya, sangat menyadari kualitas pendidikan tidak dapat terlepas dari fungsi dan peran para guru dan tenaga kependidikan sehingga merekalah menjadi ujung tombak peningkatan sektor pendidikan.

“Profesi guru merupakan salah satu profesi mulia yang sangat dihormati. Guru juga adalah sosok yang layak digugu dan ditiru semua ucapan, perbuatan dan tingkah lakunya. untuk itu, para guru dan juga tenaga kependidikan haruslah merupakan manusia pilihan yang bisa menjadi suri teladan dalam kehidupan,” kata Eldin.

Oleh karena itu, ia mengingatkan kepada para guru agar jangan sampai mereka malah menjadi contoh yang tidak baik dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Tokoh dan pelopor pendidikan Ki Hajar Dewantara, lanjut Walikota, telah menyadari bahwa seorang guru yang hebat itu adalah guru yang tidak hanya bisa mengajar, menjelaskan dan bahkan mendemonstrasikan, tetapi juga mampu menginspirasi murid-muridnya.

Dengan demikian, keberadaan para guru benar-benar mampu menginspirasi para murid sekaligus dituntut mampu mengajar dari hasrat dan lubuk hati yang terdalam.

Diakuinya, para guru sudah selayaknya mendapat tingkat kesejahteraan yang memadai agar mereka bisa mengajar dengan sepenuh hati.

Dengan tingkat kehidupan yang lebih sejahtera, Walikota menyatakan yakin para guru akan semakin bersemangat dalam menularkan maupun mentransferkan ilmu pengetahuan maupun ajaran moralitasnya kepada para peserta didiknya.

Acara Apresiasi Guru Dalam Hari Guru Indonesia dan HUT ke-73 PGRI berlangsung meriah dan turut diisi dengan penayangan video singkat tentang perjuangan seorang guru yang sangat menyentuh hati.

Pelaksana tugas Kadis Pendidikan Kota Medan, Ramlan Tarigan menjelaskan peringatan Hari Guru tahun 2018 tingkat Kota Medan digelar lebih spesial dan istimewa, terkait dengan penerimaan penghargaan Dwija Praja Nugraha yang diserahkan langsung Presiden RI Joko Widodo kepada Walikota Medan Dzulmi Eldin di Jakarta beberapa hari sebelumnya.

“Penghargaan yang baru diterima Bapak Wali Kota tentunya menjadi kado spesial bagi kita dalam memperingati Hari Guru tahun ini,” ucap dia. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey