Home / Headline / Pemko Medan Bongkar Paksa Ratusan Papan Reklame

Pemko Medan Bongkar Paksa Ratusan Papan Reklame

image_pdfimage_print

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution (kanan) bersama Kapolrestabes Medan Kombes Pol. Dadang Hartanto (kedua kanan) menyaksikan petugas Satpol PP membongkar salah satu tiang papan reklame di sekitar kampus UISU Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu (25/8). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 25/8 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (*emko) Medan segera membongkar dan menurunkan paksa ratusan baliho dan papan reklame tanpa izin di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu.

“Ratusan reklame yang berada di zona terlarang akan kita bongkar. Untuk surat izinnya memang tidak bisa dikeluarkan karena secara teknis akan melanggar peraturan,” kata Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution saat memimpin langsung penertiban papan reklame yang tidak memiliki izin atau ilegal di Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu (25/8).

Pantauan di lapangan, selain baliho yang masa izin pemasangannya sudah habis, juga banyak ditemukan spanduk serta pamflet promosi produk yang dipasang tanpa izin atau bertentangan dengan Peraturan Daerah (Perda) No 11 Tahun 2011 tentang Reklame.

Menurut Akhyar, pembongkaran papan reklame dan baliho ilegal akan dilaksanakan secara bertahap oleh Pemko Medan melalui Satpol PP.

Upaya Pemko Medan menertibkan reklame tanpa izin, lanjutnya, mendapat dukungan penuh dari pihak Polrestabes Medan dan Kodim 0201/BS.”

Di Medan selama ini, kata dia, ada papan reklame berisi gambar Kapolrestabes Medan maupun Dandim 0201/BS.

Padahal, Akhyar menyatakan pemasangan foto pejabat TNI dan Polri di papan reklame dan baliho tersebut belum tentu atas izin pejabat maupun kedua institusi tersebut.

“Pemko Medan mendapatkan dukungan penuh dari Polrestabes Medan untuk menertibkan papan reklame ilegal. Artinya, pihak kepolisian mendukung Program Pemko Medan dalam menjadikan Medan yang tertib aman dan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, mengungkapkan pihaknya siap mendukung Pemko Medan dalam menertibkan reklame ilegal di sejumlah ruas jalan raya di Kota Medan.

Guna mendukung kelancaran pembongkaran, tim pembongkaran yang terdiri dari Satpol PP Kota Medan yang dipimpin Plh Kasat Pol PP, Rakhmat Harahap, menurunkan mobil crane beserta peralatan las yang digunakan untuk memotong konstruksi papan reklame.

Proses pembongkaran berjalan dengan lancar, sebab tidak ada upaya menghalangi pembokaran dari pemilik Reklame tersebut.

Sebelum melakukan pembongkaran, tim lebih dulu mematikan arus listrik yang mengaliri kedua papan reklame. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey