Home / Medan / Pemko Medan Fokus Normalisasi Parit Hindari Banjir

Pemko Medan Fokus Normalisasi Parit Hindari Banjir

image_pdfimage_print

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution (kanan)  didampingi pejabat instansi terkait meninjau kondisi parit yang tersumbat sampah di Jalan H.M Joni Medan, Selasa (11/6). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 11/6 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan masih fokus pengerjaan normalisasi parit dalam upaya menangani banjir yang kerap terjadi di beberapa wilayah saat hujan deras.

Salah satu parit yang perlu segera dibenahi, menurut Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution di Medan, Selasa (11/6), adalah parit di Jalan H.M Joni, Kecamatan Medan Kota.

Akhyar di sela melakukan peninjauan melihat langsung kondisi parit yang tersumbat di sepanjang Jalan H.M Joni, sehingga nyaris tidak berfungsi menampung debit air hujan.

“Jika hal itu tidak cepat diatasi, maka kawasan itu akan menjadi langganan genangan air setiap hujan deras turun sehingga mengganggu kelancaran arus lalu lintas maupun aktifitas warga sekitar. Solusinya harus dilakukan pengorekan kembali secepatnya,” kata Wakil Walikota.

Padahal, lanjutnya, sekitar satu bulan lalu parit di sepanjang Jalan H.M Joni telah dikorek oleh para petugas dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan bersama personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan Kota.

Ia memperkirakan, sampah yang memenuhi parit berasal dari warga karena kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Sungguh disayangkan jika normalisasi parit yang dilakukan Dinas PU Kota Medan tidak didukung penuh oleh masyarakat. Terbukti, parit kembali dipenuhi sampah. Mustahil kawasan ini akan terbebas dari genangan air jika warga tidak mendukung,” ucap Akhyar.

Selain faktor sampah, pihaknya juga mendapat informasi bahwa di dalam parit ditemui banyak pipa sehingga ikut memicu terjadinya penyumbatan.

Kondisi parit tersebut diperparah lagi dengan banyaknya bangunan yang didirikan di atar pemukaan parit yang tidak memiliki izin dan menyalahi peraturan, sehingga menambah kesulitan bagi petugas ketika melakukaan normalisasi.

“Jika memang mengganggu dan menyalahi aturan, bongkar (bangunan) saja. Jangan karena ulah segelintir orang justru merugikan banyak orang. Lakukan penertiban secepatnya agar kondisi seperti ini tidak berlarut-larut,” ujar dia.

Namun, Akhyar mengingatkan bahwa setiap pekerjaan harus selalu dilakukan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

Sementara itu, Kadis PU Kota Medan Isa Ansari mengatakan, pihaknya siap menormalisasi parit di sepanjang Jalan HM Joni, sebagaimana instruksi Wakil Walikota.

Kegiatan normalisasi parit di sepanjang Jalan H.M Joni dijadwalkan mulai dilaksanakan pada Rabu (12/6).

“Guna mendukung kelancaran normalisasi, sejumlah alat berat akan diturunkan,” ujarnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey