Home / Headline / Pemko Medan Gencarkan Pasar Murah Ramadhan

Pemko Medan Gencarkan Pasar Murah Ramadhan

image_pdfimage_print

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin meninjau salah satu stand di arena pasar murah Pemko Medan yang digelar di halaman gedung kampus PTKI Medan, Selasa (30/4). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan,30/4 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan menggencarkan kegiatan pasar murah menjelang Ramadhan di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu, guna meringankan beban masyarakat menyambut puasa dan Lebaran 2019.

“Kami akan lebih meningkatkan kegiatan pasar murah ini. Dengan adanya pasar murah tentunya masyarakat Kota Medan terbantu mendapatkan bahan-bahan pokok dengan harga yang terjangkau,” kata Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin pada acara pembukaan pasar murah Pemko Medan yang berlokasi di halaman gedung PTKI Medan, Jalan Menteng, Kec. Medan Denai, Selasa (30/4).

Pasar murah serupa juga digelar di 151 titik di Kota Medan khususnya di wilayah masyarakat berekonomi lemah, mayoritas beragama islam dan jauh dari pasar.

Kegiatan pasar murah Pemko Medan tersebut berlangsung dari 30 April-29 Mei 2019.

Ia menyatakan pasar murah Ramadhan ini, selain untuk memfasilitasi dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, juga untuk menjaga stabilisasi pangan dan inflasi menjelang pada bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Melalui kegiatan ini kami berharap kebutuhan masyarakat di bulan Ramadahan dapat terpenuhi tanpa harus dibebani dengan harga sembako dan bahan makanan lainnya yang semakin meningkat,” ujarnya.

Penyelenggaraan pasar murah, lanjut Walikota, secara tidak langsung juga dapat mengendalikan inflasi daerah karena biasanya menjelang Hari Raya Idul Fitri, beberapa kelompok pengeluaran akan mengalami inflasi.

Bahkan, ia memperkirakan para distributor juga akan enggan mematok harga bahan-bahan tersebut dengan harga yang tinggi.

“Dengan demikian kehadiran pasar murah dapat membantu warga kurang mampu dapat membeli untuk memenuhi kebutuhannya terutama dalam menghadapi bulan puasa dan hari raya Idul Fitri,” kata Walikota.

Karena itu, Eldin mengajak masyarakat khususnya warga yang kurang mampu untuk memanfaatkan pasar murah ini dengan sebaiknya.

“Manfaatkanlah pasar murah ini dengan sebaik-baiknya, ini merupakan stimulus dari Pemerintah kepada masyarakat agar masyarakat tenang dan bahagia menyambut bulan suci Ramdhan hingga Idul Fitri nantinya,” tuturnya.

Ia juga berpesan untuk tidak membeli bahan kebutuhan pokok secara berlebihan, meski berdasarkan laporan dari satgas bahan pokok yang ada di lapangan, stok kebutuhan bahan pokok yang ada di Kota Medan masih aman hingga tiga bulan kedepan.

“Saya himbau masyarakat untuk tidak berbelanja secara berlebihan karena kebutuhan bahan pokok kita masih tersedia hingga tiga bulan mendatang, jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” ujar Walikota.

Sebelumnya Kepala Dinas Perdagangan Kota Medan Dammikrot menjelaskan sejumlah bahan pokok yang dijual di pasar murah ini diantaranya minyak makan, beras, kacang tanah, gula pasir, margarin, sirup, telur dan tepung terigu.

Bahan kebutuan pokok yang dijual di pasar murah, antaa lain beras IR-64 Rp8.400/kg, gula pasir Rp9.300/kg, tepung terigu Rp7.100/kg, telur Rp1.005/butir, margarin Simas 200 gram Rp3.334/sachet, minyak goreng Sania Rp10.500/liter, dan minyak goreng Fortune Rp10.000/liter. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey