Home / Medan / Pemko Medan Raih Penghargaan Natamukti 2018

Pemko Medan Raih Penghargaan Natamukti 2018

image_pdfimage_print

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Puspayoga (kedua kiri) disaksikan Chairman ICSB Hermawan KartajayaPenghargaan (kanan) menyerahkan penghargaan Natamukti 2018 kepada Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kedua kanan) pada acara penganugerahan Gebyar UKM Indonesia 2018 di Graha Widya Bhakti, Gedung 123 Kawasan Puspitek Serpong, Tangerang Selatan, Jawa Barat, Kamis (15/11). (Foto: LintasMedan/ist)

Tangerang, 15/11 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan kembali meraih penghargaan Natamukti Nindya dari Indonesia Council of Small Business (ICSB) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM).

Penghargaan itu diterima Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin dari Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Puspayoga dan disaksikan Chairman ICSB Hermawan Kartajaya pada Puncak Panganugerahan Gebyar UKM Indonesia 2018 di Graha Widya Bhakti, Gedung 123 Kawasan Puspitek Serpong, Tangerang Selatan, Jawa Barat, Kamis (15/11).

Sebagaimana diinformasikan, penghargaan Natamukti diberikan kepada Pemko Medan karena dinilai berinovasi dalam membangun iklim ekonomi usaha kecil menengah dan meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin, mengatakan bahwa penghargaan Natamukti yang diterima Pemko Medan tersebut tidak terlepas dari dukungan seluruh pihak yang turut berperan dalam pengembangan UMKM di ibukota Provinsi Sumatera Utara itu.

“Alhamdulillah, Kota Medan kembali mendapatkan penghargaan Natamukti. Tentunya penghargaan ini sangat membanggakan dan menjadi motivasi bagi kita untuk terus memajukan UMKM di Kota Medan,” ucap dia.

Ia mengemukakan, penghargaan tersebut dedikasikannya kepada seluruh pelaku UMKM di Kota Medan agar lebih termotivasi untuk mengembangkan usahanya sekaligus menggeliatkan perekonomian.

“Mari kita jadikan penghargaan Natamukti ini sebagai momentum untuk terus melakukan kreasi dan inovasi guna memajukan dan mengembangkan UMKM di Kota Medan,” ujar Eldin.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh jajarannya, terutama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait agar tidak cepat puas dengan penghargaan yang diterima tersebut.

Penghargaan Natamukti, lanjut dia, justru harus dijadikan spirit dan motivasi untuk terus melayani dan membina seluruh pelaku UMKM yang ada di Kota Medan.

Pemko Medan, kata Eldin, senantiasa siap mendukung UMKM melalui program pembinaan, pengembangan serta pelatihan sekaligus membantu memasarkan hasil produk sehingga dapat bersaing dengan produk daerah lain di Indonesia, termasuk mancanegara.

Menurut Chairman ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya, penentuan penerima Penghargaan Natamukti melalui proses panjang, dimulai dari riset yang dilakukan tim ICSB dari berbagai daerah.

ICSB merupakan organisasi nirlaba internasional yang didirikan tahun 1955 bertujuan mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM di seluruh dunia.

Organisasi ini mempertemukan para akademisi, peneliti, pembuat kebijakan, dan praktisi dari seluruh dunia yang berfungsi sebagai empat pilar utama ICSB untuk berbagi pengetahuan dan keahliannya di bidang masing-masing.

Saat ini tercatat 70 chapters di berbagai negara yang telah menjadi anggota, termasuk ICSB Indonesia sebagai salah satu afiliasi yang dibentuk tahun 2015.

ICSB Indonesia, kata Hermawan akan terus mendorong berkembangnya UMKM, termasuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey