Home / Headline / Pemko Medan Kirim Tim Bantu Korban Kapal Tenggelam

Pemko Medan Kirim Tim Bantu Korban Kapal Tenggelam

image_pdfimage_print

Ilustrasi – Upaya pencarian penumpang korban tenggelamnya kapal motor Sinar Bangun di perairan Danau Toba. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 20/6 (LintasMedan – Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengirimkan sejumlah personel yang tergabung dalam sebuah tim untuk ikut mencari dan mengevakuasi korban tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Sumatera Utara pada Senin (18/6).

“Selain membatu mencari penumpang kapal yang hilang, tim juga akan memberikan bantuan secara medis bagi para korban yang selamat dari musibah tersebut,” kata Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin, sebagaimana dikutip dari siaran pers Bagian Humas Setda Kota Medan, Rabu (20/6).

Menurut dia, pengiriman sejumlah personel yang tergabung dalam Tim Pemko Medan Peduli Musibah Danau Toba tersebut merupakan wujud kepedulian sekaligus rasa prihatin yang mendalam atas musibah tersebut dan masih banyaknya penumpang yang belum ditemukan hingga saat ini.

“Semoga tim yang diturunkan ini dapat membantu dalam upaya pencarian para penumpang yang hilang.,” ujarnya.

Walikota juga berpedan kepada seluruh personel Tim Pemko Medan Peduli Musibah Danau Toba agar bekerja dengan baik serta berkoordinasi dengan tim penyelamat lainnya, antara lain Basarnas, TNI dan Polri.

Walikota Medan telah menunjuk Asisten Pemerintahan dan Sosial Sekda Kota Medan Musadad Nasution sebagai koordinator tim dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring koordinator lapangan (koorlap).

Personel tim tersebut terdiri dari delapan orang dokter dari RSUD dr Pirngadi Medan, Rumah Sakit (RS) Murni Teguh (1 orang), RS Colombia (2 orang), RS Royal Prima (1 orang) dan Dinas Kesehatan (3 orang).

Selain delapan orang dokter, tim juga didukung 14 orang paramedis, 10 orang dari BPBD Kota Medan, tujuh unit ambulan, 10 kantong mayat serta satu perahu karet.

Sebagian dari anggota tim tersebut sudah bergerak menuju Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun untuk secepatnya membantu melakukan pencarian sekaligus memberikan pertolongan medis.

Terkait dengan musibah yang menimpa para penumpang KM Sinar Bangun, Eldin atas nama pribadi dan seluruh jajaran Pemko Medan mendoakan agar para penumpang yang sampai saat ini masih hilang dapat ditemukan.

“Kepada para keluarga korban, saya minta untuk kuat, sabar dan tabah menghadapi cobaan ini,” ucap dia.

Eldin juga mengingatkan kepada seluruh warga Medan untuk selalu berhati-hati ketika hendak berpergian, terutama dalam merayakan lebaran bersama anggota keluarga.

“Pastikan kondisi kenderaan yang akan dipergunakan dalam kondisi layak jalan dan tidak sarat dengan penumpang, karena keselamatan adalah segala-galanya,” tuturnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey