Home / Bisnis / Pemko Medan Komitmen Kembangkan Industri Kreatif

Pemko Medan Komitmen Kembangkan Industri Kreatif

image_pdfimage_print

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin disaksikan Ketua Dekranasda Kota Medan Rita Maharani Dzulmi Eldin (kanan) dan Kadis Koperasi dan UKM Kota Medan Emilia Lubis (kiri),  melakukan pemukulan gong sebagai tanda diresmikannya Pesta Bazaar UKM Kota Medan tahun 2018 di di Atrium Manhattan Mall Medan, Senin (17/9). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 17/9 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan berkomitmen mengembangkan potensi industri kreatif usaha kecil dan menengah (UKM) hingga taraf yang lebih besar lagi.

Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin saat membuka Pesta Bazaar UKM Kota Medan Tahun 2018 di Atrium Manhattan Mall Medan, Senin (17/9), mengemukakan, komitmen tersebut diwujudkan dengan membantu mempermudah permodalan, memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan serta ikut mempromosikan produk-produk unggulan UKM.

“Sektor UKM yang bergerak di bidang industri kreatif diyakini banyak menyerap banyak tenaga kerja sehingga mampu menekan tingginya angka pengangguran,” ujarnya.

Idustri kreatif, kata dia, adalah upaya meningkatkan nilai tambah dari sebuah produk sehingga memiliki daya saing diberbagai tingkatan pemasaran.

“Industri kreatif ini bukan hanya dilihat kuantitas produksi tetapi bagaimana meningkatkan nilai tambah dari sebuah produk melalui sentuhan kreatifitas dan inovasi,” tuturnya.

Menurut Eldin, usaha industri kreatif juga dapat memberi pemberdayaan pada rumah tangga yang memang banyak sekali memiliki potensi.

Walikota menambahkan, Medan saat ini memiliki UKM Centre yang dapat menampung produk-produk dari berbagai cluster.

Selain itu, Pemko Medan melalui Dinas Koperasi dan UKM secara rutin turut memberikan berbagai pendidikan dan pelatihan bagi pelaku UKM.

“Semua ini kita lakukan semata-mata untuk memberikan akses dan ruang bagi pelaku UKM dalam mengembangkan usahanya,” paparnya.

sebelumnya, Kadis Koperasi dan UKM Kota Medan, Emilia Lubis menjelaskan bahwa Bazar UKM Kota Medan tahun 2018 digelar dalam rangka mengembangkan dan mempromosikan beragam produk yang dihasilkan pelaku UKM di daerah tersebut.

“Melalui kegiatan bazar ini, para pelaku UKM diharapkan dapat memperluas jaringan pemasaran dan saling tukar menukar informasi mengenai produk UKM unggulan mereka,” ucap dia.

Pesta Bazaar UKM Kota Medan 2018 yang berlangsung hingga 23 September tersebut diikuti 90 peserta yang terdiri dari sejumlah stand, antara lain Galery Maharani, produk kerajinan (handycraf) dan makanan olahan.

Selama kegiatan tersebut turut pula digelar acara hiburan, talk show, lomba mewarnai serta pe pemberian hadiah doorprize. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey