Home / Bisnis / Pemko Medan Komitmen Kendalikan Inflasi

Pemko Medan Komitmen Kendalikan Inflasi

image_pdfimage_print

Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 31/10 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan berkomitmen mengendalikan laju inflasi pada kisaran di bawah lima persen, guna menjaga daya beli masyarakat dan stabilitas perekonomin di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu.

“Pengendalian (inflasi) itu berupa penekanan angka inflasi di bawah lima persen melalui penyediaan pasokan, distribusi dan pengendalian harga bahan kebutuhan pokok strategis,” kata Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin ketika menghadiri acara Indonesia Visionary Leader (IVL) Season 3 di Jakarta, Rabu (31/10).

Dalam upaya mengendalikan inflasi, menurut dia, Pemko Medan telah mendirikan gerai khusus bahan kebutuhan pokok dengan nama “Kedai Kita” di Pusat Pasar Medan.

Keberadaan “Kedai Kita”, kata Walikota, bukan untuk menyaingi pedagang sembako yang berjualan di pusat pasar, tetapi hanya untuk memberikan kepastian harga bagi masyarakat dan pedagang mengenai harga yang sebenarnya, supaya masyarakat dapat memperoleh harga relatif normal.

Selain di Pusat Pasar, Pemko Medan berencana mengoperasikan “Kedai Kita” di seluruh pasar tradisional agar relatif dekat dikunjungi masyarakar yang ingin berbelanja berbagai kebutuhan pokok.

“Kalau harga bahan kebutuhan pokok di sekitar tempat tinggal kita mulai naik, belanja ke “Kedai Kita” saja. Harga di sini tidak akan pernah naik karena tujuan kehadirannya untuk stabilitas pangan,” ujar Walikota.

Eldin menambahkan, Kebijakan strategis lain yang dilakukan Pemko Medan untuk mengendalikan inflasi, yakni mengoperasikan pasar murah di sejumlah kecamatan menjelang hari-hari besar keagamaan.

“Pasar ini didirikan di 151 titik Kelurahan di Kota Medan dan dioperasikan beberapa hari menjelang hari raya keagamaan. Keberadaan pasar murah ternyata sangat berpengaruh dalam pengendalian inflasi,” tuturnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey