Pemko Medan Matangkan Persiapan Ramadhan Fair 2017

Ilustrasi – Pengunjung memadati pusat kuliner di arena Ramadhan Fair 2016. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 26/5 (LintasMedan) – Pemerintah Kota Medan bersama sejumlah pimpinan satuan perangkat daerah (SKPD) terkait menggelar rapat persiapan akhir penyelenggaraan Ramadhan Fair XIV tahun 2017 yang digelar di Taman Sri Deli mulai 27 Mei sampai 24 Juni.

“Tujuan digelarnya rapat ini untuk memberikan arahan kepada seluruh SKPD terkait agar melaksanakan tugas yang telah ditetapkan sesuai dengan surat edaran yang ditetapkan,” kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Medan Qamarul Fattah, di Balai Kota Medan, Jumat.

Ia menjelaskan, persiapan masih terus dilakukan agar sesuai dengan rencana yang ditetapkan, sehingga perhelatan akbar tahunan setiap bulan Ramadhan itu berjalan lancar dan semua SKPD terkait bisa bekerja sama dengan baik.

Di arena Ramadhan Fair tersebut telah dipersiapkan sebanyak 198 stand dan sekitar 35 persen di antaranya diperuntukkan bagi bagi warga sekitar lokasi serta 35 persen stand untuk warga dari seluruh Kota Medan.

Sedangkan 30 persen lagi disediakan bagi para pedagang binaan SKPD terkait seperti Dinas Koperasi dan UMKM maupun Dinas Perdagangan Kota Medan.

Pembagian stand dilakukan melalui pengundian. Bagi warga yang mendaftar dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan memiliki peluang untuk mendapatkan stand.

Meskipun pembukaan Ramadhan Fair baru direncanakan,Selasa (30/5),namun para pedagang baik kuliner maupun UMKM sudah berjualan mulai Jumat (26/5)

Selama perhelatan tersebut ditampilkan aneka bazar kuliner dan produk UMKM bernuansa Islami.

Qamarul menambahkan, Ramadhan Fair telah melekat di hati masyarakat sehingga selalu mendapat sambutan luar biasa setiap kali digelar bertepatan dengan bulan suci bagi umat Islam.

“Selain memberikan manfaat secara sosial ekonomi, juga menjadi sarana untuk meningkatkan ukhuwah Islamiah di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Ramadhan fair, menurut dia, juga menjadi wadah silaturahim dan interaksi sosial religius, sekaligus menjadikan dunia usaha, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dapat berkembang, sekaligus meningkatkan segmen pasar produk-produk yang dihasilkan.

Ia menambah Ramadhan Fair yang sudah 14 kali digelar Pemko Medan tersebut memiliki banyak tujuan, diantaranya mengembangkan potensi pasar bagi para UMKM, terutama di bulan suci puasa.

Serta mengembangkan segi kepariwsataan, yang diharapkan melalui even ini, Ramadhan Fair mampu mendatangkan wisatawan lebih banyak ke Kota Medan.

Tujuan lainnya adalah sebagai media siar yang bermuara pada semakin kuatnya kehidupan beragama di Kota Medan, selain itu menggabungkan konsep edukasi dan siar Islam yang dirangkaikan dengan hiburan bernuansa Islami.

Disebutkannya, selain grup band dari ibu kota Jakarta D’Masiv, pengunjung Ramadhan Fair juga akan dihibur dengan penampilan sejumlah band lokal seperti Al Wardah, Fathia El Suraya, Al Baroqah, Horizon, Sumatera Etnic, Fresh Islamic, M & Friends, Sri Lilawangsa, Al Jabbar.

“Keseluruhan band ini akan tampil setiap malam dengan mengusung musik dan lagu bernuasan religi,” ujar Qamarul. (LMC-04)