Home / Medan / Pemko Medan Pastikan Stok Pangan Aman Saat Ramadhan

Pemko Medan Pastikan Stok Pangan Aman Saat Ramadhan

image_pdfimage_print

Walikota Medan Dzulmi Eldin (kedua kanan) berdialog dengan beberapa pedagang di sela memantau perkembangan stok dan harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Sei Sikambing Medan, Senin (29/4) (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 29/4 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan memastikan ketersediaan pangan aman bagi masyarakat menjelang dan saat Ramadhan maupun lebaran 2019.

Sepekan menjelang memasuki Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah, Senin (29/4) Walikota Medan, Tengku Dzulmi Eldin meninjau sejumlah pasar tradiaional di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu, guna memantau persediaan berbagai kebutuhan, terutama sembilan bahan pokok dan perkembangan harganya.

Dari hasil peninjauan yang dilakukan, kata Walikota, harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisionil masih relatif stabil.

“Kita harapkan masyarakat, terutama umat Islam tenang dalam menyambut datangnya bulan yang penuh kemuliaan tersebut,” ujar Eldin

Diakuinya, harga beberapa jenis bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan, tetapi tidak terlalu signifikan.

“Untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga, kita bersama instansi terkait akan melakukan operasi pasar. Dengan operasi pasar yang akan dilakukan, in-sya Allah harga bahan kebutuhan pokok yang sempat naik dapat turun kembali,” ujarnya

Lebih lanjut, kata Eldin, untuk pasokan stok bahan kebuthan pokok akan terus disuplai ke pasar guna mencegah terjadinya kelangkaan.

“Sebab, stok bahan kebutuhan pokok kita aman hingga tiga bulan ke depan,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya senantiasa siap menerjunkan tim satgas Pangan untuk melakukan pengawasan di seluruh pasar tradisionil di Kota Medan, termasuk seluruh distributor.

“Jangan lakukan penimbunan, sebab stok bahan kebutuhan pokok di Kota Medan dipastikan aman,” katanya.

Pemko Medan, lanjutnya, dalam rangka mengendalikan harga bahan pokok tetap aman akan membuka pasar murah di 151 kelurahan setempat.

Harga bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah itu relatif lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran.

Peninjauan dilakukan Wali Kota Medan bersama unsur Forkopimda, di antaranya Dandim 0201/BS Kol Inf. Yuda Rismansyah, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhawan Lubis, perwakilan dari Polrestabes Medan dan Kejari Medan, Asisten Ekbang Khairul Syahnan, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD). (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey