Home / Headline / Pemko Medan Raih Penghargaan Top 25 Pengaduan Publik

Pemko Medan Raih Penghargaan Top 25 Pengaduan Publik

image_pdfimage_print

Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa (kanan) menyerahkan piagam penghargaan Top 25 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik kapada Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kiri) di Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/12). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 10/12 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan meraih penghargaan Top 25 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Siaran pers Bagian Humas Pemko Medan, menyebutkan Penghargaan Top 25 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik itu diserahkan Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa kepada Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (10/12).

“Penghargaan Top 25 ini merupakan bentuk apresiasi kami terhadap pengelola pengaduan pelayanan publik terbaik,” kata Diah Natalisa.

Penghargaan dari Pemerintah pusat tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi Kementerian PAN-RB berdasarkan hasil evaluasi dan penilaian yang dilakukan melalui Kompetisi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

Kompetisi pengelolaan pengaduan publik itu diikuti seluruh Kementerian dan lembaga, BUMN, BUMD serta Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

Berdasarkan hasil evaluasi dan penilaian yang dilakukan Kementerian PAN-RB, Pemko Medan dinilai sebagai salah satu dari 25 lembaga pemerintah yang terbaik dalam dalam bidang pengelolaan pengaduan pelayanan publik tahun 2018.

Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin, mengaku bangga bisa menjadi bagian dari perubahan penting di Indonesia, khususnya dalam sektor pelayanan publik.

“Alhamdulillah, upaya yang kita lakukan ini mendapat apresiasi dari Kementrian PAN-RB dengan memberikan penghargaan Top 25 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik,” kata Walikota didampingi Kadis Kominfo Kota Medan, Zain Noval.

Terkait atas penghargaan yang diterima tersebut, Eldin mengaku tidak menyangka jika pengelolaan pengaduan masyarakat yang dilakukan Pemko Medan melalui Dinas Kominfo Kota Medan selama ini semata-mata untuk menampung dan menindaklanjuti pengaduan maupun keluhan yang disampaikan masyarakat.

Diakuinya, pelaporan-pelaporan yang masuk dari masyarakat itu sangat penting bagi Pemko Medan untuk menyusun prioritas program secara lebih tepat.

Karena itu, pihaknya berkomitmen untuk senantiasa menindaklanjuti setiap hal yang dilaporkan masyarakat, termasuk mempercepat waktu penanganan laporan masyarakat.

“Jangan cepat puas dengan penghargaan yang baru diterima ini. Justru, jadikan penghargaan tersebut sebagai spirit untuk terus memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat. Kita ingin kehadiran pemerintah dirasakan di tengah-tengah masyarakat dengan segera menindaklanjuti pengaduannya,” ujarnya.

Disebutkannya, salah satu pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang dilakukan Pemko Medan dengan menghadirkan aplikasi Medan Rumah Kita (MRK).

Aplikasi MRK yang diluncurkan sebagai wadah pengaduan masyarakat langsung kepada Pemko Medan pada 21 Desember 2016 tersebut dapat diunduh melalui google play store.

Sebanyak 25 lembaga, kementerian dan pemerintah daerah yang mendapatkan penilaian Top 25, yaitu:
1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia,
2. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan,
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
4. Kementerian PANRB,
5. Badan Pengawas Obat dan Makanan,
6. BPJS Kesehatan,
7. Dirut PT Pos Indonesia (Persero),
8. Pemprov D.I Yogjakarta,
9. Pemprov Kalimantan Selatan,
10. Pemprov Sumatera Selatan,
11. Pemprov Jawa Tengah,
12. Pemkab Banyuawangi,
13. Pemkab Bulukumba,
14. Pemkab Kendal,
15. Pemkot Ambon,
16. Pemko Bandung,
17. Pemko Banjar Baru,
18. Pemko Banjarmasin,
19. Pemko Cirebon,
20. Pemko Malang,
21. Pemko Medan,
22. Pemko Semarang,
23. Pemko Solok,
24. Pemko Sukabumi dan
25. Pemkab Bojonegoro. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey