Home / Medan / Pemko Medan Targetkan Peningkatan Status RSUD Pirngadi

Pemko Medan Targetkan Peningkatan Status RSUD Pirngadi

image_pdfimage_print

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution (kiri) menyampaikan kata sambutan saat menerima Tim Visitasi Ditjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI di RSUD Pirngadi Medan, Kamis (18/7). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 18/7 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan menargetkan peningkatan status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan dari rumah sakit pendidikan kelas B meningkat menjadi kelas A.

“Semoga dengan kunjungan atau visitasi yang dilakukan, hasilnya memuaskan sehingga RSUD Dr Pirngadi yang selama ini berstatus rumah sakit pendidikan kelas B bisa meningkat kelasnya menjadi A,” kata Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution ketika menerima kunjungan Tim Visitasi Ditjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI di RSUD Pirngadi Medan, Kamis (18/7).

Disebutkan, kunjungan tim dari Kementerian Kesehatan tersebut dalam rangka perpanjangan penetapan sebagai rumah sakit pendidikan utama.

Wakil Walikota mengingatkan, apapun hasil penilaian tim harus diterima dan apabila ditemukan ada kekurangan dari penilaian yang dilakukan tentunya harus segera dibenahi.

Pemko Medan, lanjut dia, senantiasa siap mendukung kebijakan strategis manajemen RSUD Dr Pirngadi untuk menjadi rumah sakit terbaik, baik dalam hal memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat maupun dalam menghasilkan dokter dan tenaga medis yang berkualitas.

Menurut Akhyar, peningkatan status RSUD Pirngadi sangat penting karena banyak manfaat positif yang diperoleh bagi sosial ekonomi maupun kemajuan masyarakat, termasuk peningkatan pelayanan serta mutu pendidikan mahasiswa kedokteran yang tengah menimba ilmu di rumah sakit umum milik Pemko Medan tersebut.

RSUD Pirngadi yang didirikan 11 Agustus 1928 itu, lanjutnya, merupakan rumah sakit kebanggaan warga Kota Medan.

“Sudah banyak dokter terbaik dan berprestasi di bidang kemedisan dihasilkan RSUD Pirngadi,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Akhyar atas nama Pemko Medan mengapresiasi para dokter klinis dan seluruh pengajar di RSUD Pirngadi yang selama ini telah memberikan pengabdian dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa yang akan menjadi dokter, dokter spesialis, perawat, bidan maupun tenaga kesehatan lainnya.

“Terima kasih atas pengabdian yang telah diberikan selama ini. Saya berharap seluruh dokter pendidik klinis dan para pengajar di RSUD Dr Pirngadi agar tetap berkomitmen memajukan mutu pendidikan,” tambahnya.

Sebagaimana diinformasikan, kunjungan Tim Visitasi Ditjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dilakukan setelah RSUD itu dipercaya kembali sebagai rumah sakit pendidikan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (UISU).

Tim Visitasi Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI tersebut dipimpin Dr Tengku Jumala Sari didampingi Prof. Nanan Sekarwana SpA (K), Dr Yani Istadi, Drg Cristiana serta Basar Febriano.

Jumala Sari menjelaskan, saat ini RSUD Dr Pirngadi merupakan rumah sakit pendidikan Kelas B dan untuk meningkat menjadi Kelas A, ada sejumlah persyaratan dan akreditasi yang harus dipenuhi.

“Ahamdulillah RSUD Dr Pirngadi sudah memproleh akreditas paripurna. Prestasi yang telah diraih ini harus terus dipertahankan bahkan di tingkatkan lagi. Jangan sampai merosot, sebab ada 8 rumah sakit pendidikan yang turun kelas,” paparnya.

RSUD Dr Pirngadi sebagai rumah sakit pendidikan utama, kata dia, memiliki tugas dan tanggung jawab membina rumah sakit jejaring, sehingga kualitas anak didik yang ada di rumah sakit pendidikan utama dan yang bukan utama (rumah sakit jejaring) memiliki kualitas yang sama.

Turut hadir dalam pertemuan itu, antara lain Dirut RSUD Dr Pirngadi Dr Suyadi Panjaitan, Rektor UISU Dr Yanhar Jamaludin MAP, Kadis Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi, Kabag Humas Setdako Medan Arrahman Pane dan Camat Medan Timur Odie A Batubara. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey