Home / Medan / Pemko Medan Terapkan E-Katalog Pengadaan Makanan dan Minuman

Pemko Medan Terapkan E-Katalog Pengadaan Makanan dan Minuman

image_pdfimage_print

Sekda Medan Wiriya Alrahman (keenam kiri) didampingi pejabat terkait Pemko Medan foto bersama para pengelola perusahaan penyedia makanan dan minuman, usai menandatangani kontrak kerja sama pengadaan makanan dan minuman secara elektronik atau e-katalog, di Balai Kota Medan, Senin (27/5). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 27/5 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) terus meningkatkan penggunaan Katalog Elektronik atau e-Katalog dalam pengadaan barang dan jasa, termasuk pengadaan produk makanan dan minuman.

“Penerapan sistem e-katalog dalam hal pengadaan produk makanan dan minuman diharapkan dapat memperbaiki tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih,” kata Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin di Medan, Senin (27/5).

Walikota menyatakan hal itu dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Medan Wiriya Alrahman pada acara penandatanganan kontrak e-katalog pengadaan makanan dan minuman antara Pemko Medan dengan delapan perusahaan penyedia makanan dan minuman.

Kontrak kerja sama dengan delapan perusahaan penyedia makanan dan minuman tersebut ditetapkan melalui negosiasi yang dilaksanakan Pokja Pemilihan pada Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemko Medan.

Menurut Walikota, penggunaan e-katalog mendukung pengadaan barang jasa Pemerintah yang terbuka, efisien, cepat dan mudah.

“Saya berharap melalui penandatanganan kontrak e-katalog pengadaan makanan dan minuman ini mampu memperluas jaringan informasi produk lokal, termasuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah,” ujarnya.

Penerapan e-katalog sektoral tersebut, menurut dia, akan mempercepat proses pengadaan barang yang bersifat teknis, sekaligus bisa melihat perbandingan harga secara cepat.

Selain mempercepat proses pengadaan, penerapan e-katalog tersebut juga akan menghemat waktu dan biaya, jika dibandingkan harus melewati proses lelang, dengan tetap mengedepankan pengadaan yang transparan dan akuntabel.

Karena itu, ia menegaskan bawa penandatanganan kontrak e-katalog tersebut merupakan momentum yang sangat penting dan strategis.

“Penerapan sistem pengadaan makanan dan minuman secara elektronik merupakan pemenuhan terhadap konsep “value for money”, artinya kegiatan ini rutin, berkesinambungan dan sangat dibutuhkan,” paparnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey