Home / Headline / Pemprov Sumut Beri Penghargaan Pelajar Berprestasi

Pemprov Sumut Beri Penghargaan Pelajar Berprestasi

image_pdfimage_print

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi, foto bersama sejumlah pelajar seusai acara penyerahan penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi, di Medan, Rabu (14/8). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 14/8 (LintasMedan) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara, di Medan, Rabu, memberikan apresiasi kepada sejumlah pelajar SMA/SMK dan sekolah luar biasa (SLB) berprestasi dan telah mengharumkan nama Sumut di tingkat nasional dan internasional.

Apresiasi atau penghargaan berupa sertifikat dan uang pembinaan secara simbolis diserahkan langsung oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi kepada beberapa perwakilan siswa.

Gubernur Sumut berpesan kepada para pelajar penerima penghargaan tersebut agar jangan pernah berhenti belajar dan mengukir prestasi.

“Kita harus buktikan itu, bahwa Sumut ini hebat. Prestasi kalian-kalian inilah yang mengharumkan nama provinsi kita ini. Semakin banyak prestasi kalian, semakin bermartabat kita,” ujarnya.” ujarnya.

Dia meminta para pelajar untuk memperbanyak kegiatan positif, seperti kegiatan agama, olah raga, kesenian dan budaya, serta meninggalkan hal-hal negatif, seperti narkoba, judi dan lainnya.

Karena narkoba dan hal-hal negatif lainnya, dapat menjadi penghalang para siswa untuk meraih cita-cita yang diimpikan.

Pada kesempatan itu, Edy Rahmayadi berkisah tentang impiannya untuk memiliki pangkat Jenderal.

Meski berasal dari keluarga sederhana, dirinya tidak pernah berputus asa untuk meraih prestasi hingga mendapat pangkat jenderal.

“Saya ingin kalian juga begitu, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, raih impian kalian dan berikan yang terbaik untuk Sumut,” kata mantan Pangkostrad itu.

Dalam kesempatan tersebut, Edy juga menampilkan video rencana pembangunan komplek pusat olahraga dalam rangka persiapan Sumut sebagai tuan rumah PON XXI tahun 2024.

Gubernur menyatakan optimisme bahwa Sumut adalah provinsi yang hebat dan akan memiliki banyak kemajuan di masa depan.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis menjelaskan, para siswa berpretasi penerima penghargaan itu, antara lain siswa tunanetra dari SLB Negeri Binjai meraih juara I MTQ tingkat nasional di Manado.

Selain itu, siswa SMA Yayasan Pendidikan Shaffiyyatul Amaliyyah Medan meraih medali emas pada World Young Inventors Exhibition di Kuala Lumpur, dan Siswa SMA Plus Matauli Tapanuli Tengah meraih medali emas pada International Intellectual Property, Invention, Innovation, and Technology Exposition Bangkok.

Selanjutnya, siswa Dell Tobasa meraih medali perak pada International Biology Olimpiad di Iran, siswa SMA Santo Sutomo 1 Medan meraih medali perunggu pada kompetisi Robotik Internasional di Taiwan, siswa SMA Sutomo 2 meraih medali perak pada kompetisi Robotik Internasional di Taiwan, siswa Sutomo 1 Medan dan Methodist 3 Medan meraih medali emas pada kompetisi Geografi Internasional di China, siswa SMA Sutomo meraih medali emas dan perak pada OSN 2019.

Selain pemberian apresiasi kepada pelajar berprestasi, dalam acara itu juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Dinas Pendidikan Provinsi Sumut dengan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Islam Sumatera Utara dan Universitas Medan Area.

MoU tersebut berisi perjanjian kerja sama tentang Program Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Keahlian, diantaranya pendampingan pihak universitas kepada siswa dan masyarakat petani di sekitar SMK. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey