Home / Medan / Penyusunan Masterplan Medan Kota Cerdas Selesai Akhir 2018

Penyusunan Masterplan Medan Kota Cerdas Selesai Akhir 2018

image_pdfimage_print

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kedua kanan) didampingi Wakil Walikota Akhyar Nasution (kedua kiri) menerima fasilitator penyusunan masterplan Medan Smart City yang dipimpin Prof. Dr Ahmad Junaidi (kanan), di Balai Kota Medan, Senin (1/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 1/10 (LintasMedan) – Penyusunan masterplan pembangunan Medan kota cerdas berbasis IT atau smart city diperkirakan selesai sebelum akhir tahun 2018.

Pernyataan tersebut disampaikan fasilitator penyusunan masterplan Medan Smart City dari Universitas Gajah Mada (UGM) yang dipimpin Prof. Dr Ahmad Junaidi saat melakukan pertemuan dengan Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin di Balai Kota Medan, Senin (1/10).

“Sejauh ini proses penyusunan (masterplan Medan smart city) berjalan lancar, diperkirakan masterplannya akan selesai akhir tahun 2018,” kata Ahmad Junaidi.

Ia menjelaskan, masterplan smart city merupakan dokumen perencanaan pembangunan yang di dalamnya tercantum, antara lain inisiatif-inisiatif, program dan peta jalan atau road map pengembangannya.

Kota cerdas alias smart city adalah konsep pengelolaan dan penataan kota dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya di satu kota secara lebih efektif dan efisien.

Akan tetapi, sambung dia, konsep kota cerdas tidak hanya berupa konsep kota cerdas semata, namun sekaligus sebagai penunjang kemajuan atau pengembangan kota dalam dimensi sosial, ekonomi dan lingkungan.

Melalui aplikasi “Medan Smart City”, lanjutnya, Pemko Medan bisa mengontrol keluhan masyarakat dan penyelesaian oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Sejumlah catatan sehingga dapat dijadikan solusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

Lebih lanjut, dia menuturkan konsep kota cerdas juga harus mampu menjadi bagian untuk menjawab permasalahan yang ada di ibukota dengan menghadirkan solusi-solusi yang berbasis data.

Disebutkannya, penyusunan masterplan kota cerdas tersebut turut melibatkan ahli dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

Sekaitan dengan penyusunan rencana induk atau masterplan kota cerdas itu, pihaknya telah pula melakukan bimbingan teknis dan hasilnya berjalan lancar atau sesuai capaian.

“Karena itu, kami optimis akhir tahun ini masterplan Medan smart city akan selesai dengan hasil yang baik,” kata Ahmad.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Medan Dzulmi Eldin menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas penyusunan Masterpaln Smart City Kota Medan yang dilakukan pihak fasilitator.

Apalagi, kata Eldin, masterplan Medan Smart City direncanakan selesai akhir 2018.

“Tentunya ini sangat menggembirakan bagi kita, sebab masterplan smart city cukup penting dan perannya sangat vital sebagai landasan materi dan panduan pembangunan kota,” ujarnya.

Diakuinya, penerapan aplikasi Medan Smart City kelak diharapkan ikut membantu Pemko Medan dalam menetapkan kebijakan, regulasi dan arah prioritas pembangunan kota, terutama dalam hal mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. (LMC-03)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey