Home / Medan / Polda Dukung Pemko Medan Bongkar Papan Reklame Ilegal

Polda Dukung Pemko Medan Bongkar Papan Reklame Ilegal

image_pdfimage_print

Tim Terpadu Penertiban Reklame, Penindakan dan Pembongkaran Bangunan Reklame Pemko Medan membongkar salah satu papan reklame di Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Rabu (5/9). (Foto: LintasMedan/ist)polda

Medan, 7/9 (LintasMedan) – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara mendukung Pemerintah Kota (Pemko) Medan membongkar papan reklame ilegal atau tidak memiliki izin dan didirikan di ruas jalan bebas reklame.

“Bersama unsur TNI, kita mendukung langkah yang dilakukan Pemko Medan dalam menertibkan papan reklame bermasalah, termasuk pos polisi yang dibangun di atas trotoar,” kata Kapolda Sumut, Brigjen Pol Agus Andrianto di sela menyaksikan pembongkaran pos polisi di Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Rabu (5/9).

Menurut dia, pembongkaran pos polisi yang berada di trotoar merupakan bukti bahwa Polda Sumut mendukung upaya Pemko Medan menertibkan papan reklame yang dinilai menganggu estetika kota.

Selain itu, pihaknya mendukung kebijakan Pemko Medan menata papan reklame dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi reklame.

Sementara itu, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, menegaskan bahwa penertiban terhadap papan reklame bermasalah akan terus dilakukan tanpa pilih kasih.

“Tinggal menunggu waktu saja. Seluruh papan reklame bermasalah pasti kita tertibkan tanpa pilih kasih,” ujarnya.

Sebelum dilakukan pembongkaran, menurut Akhyar, Pemko Medan melalui instansi terkait terlebih dahulu menyampaikan surat peringatan kepada masing-masing perusahaan advertising agar membongkar sendiri papan reklamenya yang bermasalah.

“Jika itu tidak dilakukan, tim kita melakukan pembongkaran dan seluruh material hasil pembongkaran menjadi mmilik negara,” paparnya.

Ia menambahkan, penertiban papan reklame ilegal dilakukan sebagai langkah untuk melakukan penataan dalam rangka peningkatan keindahan dan ketertiban agar Kota Medan benar-benar menjadi tempat hunian yang tertib, aman dan nyaman.

Guna mewujudkan hal itu, menurut Wakil Walikota dibutuhkan dukungan penuh dari semua pihak, termasuk unsur Polri dan TNI.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Kapolda Sumut dan TNI dalam penertiban papan reklame bermasalah ini,” ucap Akhyar.

Tim Terpadu Penertiban Reklame, Penindakan dan Pembongkaran Bangunan Reklame Pemko Medan selama dua pekan terakhir telah membongkar enam papan reklame yang berlokasi di 13 ruas zona larangan, di antaranya Jalan Suprapto, Jalan Pulau Pinang, dan Jalan Imam Bonjol. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey