Home / Medan / Polda Sumut Siap Amankan Peringatan Hari Buruh

Polda Sumut Siap Amankan Peringatan Hari Buruh

image_pdfimage_print

Ilustrasi: Para pekerja memperingati Hari Buruh 1 Mei. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 27/4 (LintasMedan) – Kepolisian Daerah (Polda) Sumut siap menjaga keamanan selama berlangsungnya peringatan Hari Buruh Internasional atau “May Day” pada 1 Mei 2017.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Rina Sari Ginting di Medan, Kamis, mengatakan, pengamanan dalam rangka Mayday, Polda Sumut akan melibatkan kekuatan personel sebanyak 2.885 orang dengan rincian Polda Sumut 657 personel dan Satgaswil 2.228 personel.” tutupnya.

“Selain itu, akses jalan raya yang akan dilewati buruh akan mendapatkan pengawalan dari petugas kepolisian serta mendapatlan pengawalan dari titik keberangkatan sampai titik kumpul,” ujarnya.

Pengawalan dan pengamanan ini dilakukan untuk mengantisipasi orang atau pihak lain yang mempunyai kepentingan dan sengaja mengusik perjalanan para buruh dalam menyampaikan aspirasi.

Pola pengamanan yang dilakukan jajaran Polri dalam peringatan Hari Buruh Internasional, yakni mengedepankan sikap humanis dengan menghindari tindakan kekerasan.

Terkait peringatan hari buruh tersebut, kata Rina, Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel juga telah meminta para Kapolres untuk membuat inovasi untuk merubah paradigma hari buruh yang identik dengan demonstrasi menjadi hari ulang tahun buruh yang diisi dengan kegiatan yang bermanfaat dan positif, seperti kegiatan sosial, olahraga dan hiburan.

Polda Sumut, lanjutnya, telah membangun komunikasi secara intensif dengan perwakilan buruh dan pengusaha setempat, agar dalam hari buruh nanti tidak melakukan aksi anarkis.

Berdasarkan informasi yang diperoleh pihak kepolisian setempat, berbagai organisasi maupun serikat pekerja dan serikat buruh dari beberapa kabupaten/kota berencana memperingati hari buruh dengan menggelar berbagai kegiatan, antara lain pawai, hiburan, lucky draw, bakti sosial, long march, unjuk rasa damai dan pernyataan sikap pekerja/ buruh. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey