Home / Medan / Polrestabes Medan Dukung SMSI Sumut Verifikasi Perusahaan Pers

Polrestabes Medan Dukung SMSI Sumut Verifikasi Perusahaan Pers

image_pdfimage_print

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto (keenam kanan) menerima audensi pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut, di Medan, Selasa (22/1).  (Foto:LintasMedan/ist)

Medan , 22/1 (LintasMedan) – Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Medan mendukung program kerja Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) melaksanakan tugas secara konsisten untuk memverifikasi perusahaan media online berbasis berita.

“Kita sangat mendukung program SMSI Sumut memverifikasi perusahaan media online ,”  kata Kapolrestabes Medan, Kombes Pol. Dadang Hartanto, saat menerima audensi pengurus SMSI Sumut yang diketuai Zulfikar Tanjung, di Medan, Rabu.

‌Ia menilai bahwa insan pers  merupakan salah satu profesi mulia yang wajib didukung dengan sumber daya manusia potensial yang dihasilkan melalui proses uji kompetensi secara berjenjang.

Melalui proses uji kompetensi tersebut, lanjut Dadang,  para insan pers yang telah terverifikasi atau lolos UKW diyakini akan lebih memahami tugas pokok dan fungsinya dalam mengemban profesi jurnalis, sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik dan Undang-Undang tentang Pers.

Diakuinya,  jajaran Polrestabes Medan selama beberapa tahun terakhir kian banyak didatangi sejumlah orang-orang yang mengaku sebagai wartawan dengan alasan melakukan tugas peliputan.

Namun, kata Dadang, pihaknya hingga saat ini sulit mengetahui wartawan yang sudah lolos UKW dan yang belum mengikuti UKW.

Karena itu pihaknya menyambut positif kerjasama yang ditawarkan SMSI Sumut melaksanakan UKW verifikasi perusahaan pers, sebagaimana surat keputusan dewan pers.

Sementara itu, ketua SMSI Sumut Zulfikar Tanjung, mengapresiasi langkah Kapolrestabes Medan, Kombes Dadang Hartanto yang telah memberi perhatian serius terhadap pentingnya mengedepankan aspek profesionalisme di dunia jurnalistik.

“Kami berterimakasih atas perhatian Kapolrestabes Medan mendukung pelaksanaan UKW sekaligus ikut mengawal penerapan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang pers,” ujarnya.

Zulfikar menegaskan, pihaknya berjanji segera melakukan sinergitas dengan jajaran Polrestabes Medan  dalam memberikan konsultasi maupun data-data perusahaan media online yang telah lolos verifikasi berikut nama-nama jurnalisnya telah lulus UKW.

Dia memaparkan bahwa jumlah perusahaan media online anggota SMSI Sumut yang sudah terverifikasi tercatat sebanyak 18 perusahaan.

” Jumlah perusahaan pers yang terverifikasi tersebut masih akan bertambah dan SMSI Sumut akan melakukan kegiatan verifikasi secara berkelanjutan,” paparnya.  (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey