Home / Nasional / Polri Kawal Distribusi BBM Cegah Penyimpangan

Polri Kawal Distribusi BBM Cegah Penyimpangan

image_pdfimage_print

Ilustrasi – Truk tangki pengangkut bahan bakar minyak  (BBM). (Foto: LintasMedan/dok)

Jakarta, 15/11 (LintasMedan) – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri akan turut mengawal distribusi dan stok bahan bakar minyak (BBM) guna menjaga stabilitas harga sekaligus mencegah kemungkinan terjadi penyimpangan.

“Ini inisiatif dari kami sesuai arahan bapak Kapolri (Jenderal Tito Karnavian) karena pemerintah sekarang sudah menentukan kebijakan BBM satu harga, sehingga ini harus dikawal dan dijaga jangan sampai terjadi penyimpangan,” kata Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komjen Arief Sulistyanto di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, Satgas Pangan akan mengundang Kementerian ESDM dan Pertamina dalam rangka memperluas cakupan pengawasannya agar pemangku kebijakan tersebut dapat memberikan informasi pada Satgas, khususnya di wilayah yang disinyalir rawan penimbunan BBM.

“Sementara ini tidak ada gejolak pada kebutuhan BBM,” ujar Arief.

Lebih lanjut, ia menuturkan mekanisme pengawalan BBM akan sama seperti pengawalan bahan pokok yang dilakukan Satgas Pangan selama dua tahun terakhir.

Satgas Pangan, lanjutnya, akan mengawal distribusi BBM dan memantau stok demi stabilitas harga.

Penindakan yang akan dilakukan Satgas Pangan akan disesuaikan dengan jenis pelanggaran dan ketentuan hukum yang berlaku.

Meski begitu, penindakan hukum merupakan langkah terakhir.

Satgas Pangan akan melakukan pencegahan dengan langkah koordinasi untuk menghilangkan berbagai macam kendala dan penyimpangan terlebih dahulu.  (LMC-03/TC)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey