Home / Medan / Porwil Medan 2019 Harus Lebih Baik dari Tahun Sebelumnya

Porwil Medan 2019 Harus Lebih Baik dari Tahun Sebelumnya

image_pdfimage_print

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution (ketiga kiri) menerima audiensi Ketua KONI Medan Edy Sibarani (ketiga kanan) beserta beberapa pengurus lainnya, di Balai Kota Medan, Rabu (20/2). Audiensi pengurus KONI Medan tersebut dalam rangka melaporkan persiapan penyelenggaraan Porwil V Kota Medan Tahun 2019. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 20/2 (LintasMedan) – Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution meminta persiapan hingga penyelenggaraan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) V Kota Medan Tahun 2019 lebih baik dan semarak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Saya minta KONI Kota Medan sebagai penyelenggara Porwil dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik,” katanya saat menerima audiensi pengurus KONI Medan yang dipimpin Edy Sibarani, di Balai Kota Medan, Rabu (20/2).

Untuk memaksimalkan kinerja penyelenggaraan Porwil Medan, ia menyarankan kepada KONI setempat saat menggelar rapat persiapan event olahraga itu melibatkan pejabat Dispora dan seluruh camat.

Dia juga mengingatkan pelaksanaan Porwil tersebut dapat diketahui masyarakat agar jika ada masyarakat yang memiliki kemampuan dalam berolahraga maka bisa dibina dan dilatih oleh KONI Medan.

Partisipasi masyarakat, lanjutnya, sangat dibutuhkan untuk kesuksesan perhelatan olahraga yang bertujuan menjaring atlet-atlet handal yang akan dipersiapkan mengikuti PON 2024 di mana Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah.

“Untuk itu kami minta seluruh masyarakat mendukung dan menyukseskan Porwil Kota Medan yang sudah memasuki tahun kelima ini,” ujar Akhyar.

Sementara Ketua KONI Kota Medan Eddy Sibarani mengatakan Porwil V Kota Medan diikuti sedikitnya 2.000 atlet dari 21 kecamatan, pada 23-30 Maret 2019.

Acara pembukaan dilaksanakan di Sekolah Angkasa, Polonia dan penutupan di Sekolah Medan Putri Jalan Gaharu Medan.

“Kami mengharapkan dukungan seluruh masyarakat agar Porwil 2019 berjalan sukses. Dukungan penuh juga sangat kami harapkan dari Pemkot Medan,” katanya.

Ia juga menjelaskan Porwil kali ini menjadi strategis karena juga menjadi ajang untuk menjaring atlet yang akan dipersiapkan ke PON 2024.

Atlet yang disaring dari Porwil 2019 selanjutnya dipersiapkan menjadi atlet lapis ketiga untuk melapis atlet-atlet binaan KONI Medan yang sudah terjaring dari Porkot X.

Sementara atlet lapis pertama adalah mereka yang saat ini dipersiapkan bersama kontingen Sumut untuk menghadapi PON 2020 di Papua untuk tampil di Porwil Sumatera, Kejurda maupun Seleknas.

“Jadi, berbicara Porwil Medan kali ini, sesungguhnya kita berbicara awal persiapan atlet PON 2024. Penyelenggaraan even olahraga ini menjadi penting, karena Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh,” paparnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey