Home / Headline / Presiden Dijadwalkan Buka MTQ Nasional di Sumut

Presiden Dijadwalkan Buka MTQ Nasional di Sumut

image_pdfimage_print

Sekretaris Daerah Provinsi Sumut R. Sabrina (kanan) didampingi beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah Pemprov Sumut menyaksikan sejumlah pelajar yang sedang mengikuti gladi bersih acara pembukaan MTQ Nasional ke-27, di Jalan Williem Iskandar Medan, Rabu (3/10). MTQ Nasional dijadwalkan dibuka Presiden Joko Widodo pada 7 Oktober 2018.  (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 3/10 (LintasMedan) – Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke27 di Medan, ibu kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada 7 Oktober 2018.

“Pembukaan MTQ Nasional akan dilakukan Presiden Joko Widodo,” kata Ketua Umum Panitia MTQ Nasional ke-27, R. Sabrina di sela meninjau persiapan dan arena MTQ Nasional di Jalan Willem Iskandar Medan, Rabu.

Sabrina yang juga menjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sumut, menjelaskan bahwa acara pembukaan MTQ Nasional tersebut semula direncana pada 6 Oktober.

Namun, jadwal tersebut diundur karena pada saat yang sama Kepala Negara membuka Asian Para Games 2018 di Jakarta.

Sabrina mengatakan, persiapan pelaksanaan MTQ Nasional yang akan digelar pada 4-13 Oktober 2018, sudah rampung dan sejak Rabu (3/10) kafilah dari beberapa provinsi telah tiba di Medan.

Terkait kedatangan kafilah Sulawesi Tengah yang kini sedang ditimpa musibah, Sabrina mengatakan belum ada jawaban pasti mengenai kondisi kafilahnya.

“Ini sangat kita maklumi, kita juga tidak menyangka itu terjadi, diharapkan kita berempati kepada saudara saudara kita di sana,” ujar Sabrina yang didampingi Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumut Afifi Lubis dan Ketua LPTQ Sumut Asren Nasution.

Dalam kesempatan itu, Sabrina juga meninjau fasilitas kesehatan, media centre, gerbang utama astaka, hingga persiapan tarian dari para pelajar MAN 1 dan MAN 2 Medan pada acara pembukaan MTQ Nasional tersebut.

Khusus untuk media centre, menurut dia, keberadaannya sangat penting untuk mendukung penyebaran informasi seputar kegiatan MTQ Nasional.

Menjelang perhelatan itu, pihak panitia MTQ Nasional 2018 telah melaksanakan sejumlah persiapan, antara lain penyambutan kedatangan dan registrasi kafilah pada 3-5 Oktober di Lapangan Asrama Haji Medan, parade 1000 hafiz di kampus UIN Sumatera Utara, launching buku “Muqri Sumut di Pentas Dunia” dan Katalog Mushaf Kuno Al Quran Sumut pada 4 Oktober.

Selain itu, acara pelantikan dewan hakim dan panitera serta pawai taaruf pada 6 Oktober.

Sedangkan perlombaan dilakukan mulai 7-11 Oktober di 12 titik lokasi Medan dan Kabupaten Deli Serdang. (LMC-02)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey